Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Korea Selatan Siap-siap Kirim Bantuan Jika Indonesia Meminta

Korea Selatan Siap-siap Kirim Bantuan Jika Indonesia Meminta Kredit Foto: Facebook/Pusat Penerangan TNI
Warta Ekonomi, Seoul -

Korea Selatan menyampaikan belasungkawa atas musibah hilangnya kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402, dan menyatakan siap untuk memberikan bantuan dalam upaya pencarian.

“Kementerian Pertahanan Nasional (MND) Republik Korea mengungkapkan yang belasungkawa terdalam kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia atas kapal selam KRI Nanggala-402 baru-baru ini hilang saat latihan angkatan laut dilakukan di utara Selat Bali pada 21 April,” demikian disampaikan Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta melalui keterangan persnya.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Masih Hilang, Korsel Tawarkan Bantuan ke Indonesia

Korea Selatan menyatakan siap untuk memberikan bantuan dalam upaya pencarian kapal selam tersebut jika diminta dan telah menginstruksikan angkatan lautnya untuk berlayar ke Bali kapan pun Indonesia meminta bantuan dalam upaya tersebut.

“MND Republik Korea sudah siap untuk mendukung misi pencarian dan penyelamatan Indonesia dengan segala cara yang mungkin di atas permintaan dari Indonesia.”

“Menteri Pertahanan Republik Korea telah menginstruksikan Angkatan Laut Korea Selatan untuk bersiap secara penuh untuk dapat berangkat ke Bali setiap kali diminta oleh Kementerian Pertahanan Indonesia untuk dukungan upaya penyelamatan,” tambah pernyataan itu.

Sebagaimana diketahui KRI Nanggala-402 hilang kontak saat menjalani latihan di perairan Bali pada Rabu (21/4/2021).

Upaya pencarian menemukan tumpahan minyak di dekat lokasi di mana kapal itu diperkirakan tenggelam, yang menunjukkan kemungkinan terjadinya kerusakan tangki bahan bakar.

Upaya pencarian KRI Nanggala-402 masih berlanjut dan berpacu dengan waktu sebelum pasokan oksigen di dalam kapal selam itu diperkirakan habis pada Sabtu (24/4/2021) pagi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: