Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Elnusa dan Schlumberger Lanjutkan Kerja Sama Jasa Hulu Migas

Elnusa dan Schlumberger Lanjutkan Kerja Sama Jasa Hulu Migas Kredit Foto: Elnusa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Elnusa Tbk (Elnusa), anak usaha PT Pertamina (Persero), terus mengoptimalkan kompetensi dan sumber daya (resources) dalam lini servis bisnis unit hulu melalui penandatanganan kerja sama dengan Schlumberger.

Bentuk perjanjian yang disepakati adalah Master Services Agreement (MSA) untuk pekerjaan Well Testing dan Coiled Tubing yang merupakan tindak lanjut dari Master Cooperation Agreement (MCA) yang telah disepakati pada tahun 2018 silam. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan secara langsung di Ruang Udaya, Graha Elnusa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga: Elnusa Optimis Mampu Dukung Produksi Minyak 1 Juta Barel per Hari

Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam kerja sama ini, di antaranya peningkatan kapabiltas dan kapasitas Elnusa sehingga dapat membuka peluang dan market baru yang potensinya cukup besar bagi Elnusa dan juga Schlumberger ke depannya.

"Sebelumnya, Elnusa dan Schlumberger telah menyetujui kerja sama lima lini servis dalam MCA, yaitu reservoir characterization, pengeboran, produksi migas, surface production facilities, serta integrated services. MSA ini merupakan langkah lanjutan, di mana kedua belah pihak sepakat untuk kerja sama dalam lini servis Well Testing dan Coiled Tubing," kata Ali dalam keterangan pers, Kamis (11/2/2021).

Ali menuturkan, MSA ini merupakan komitmen Elnusa untuk terus meningkatkan kapabilitas dan kapasitas dalam mendukung pemerintah dalam mencapai target produksi minyak 1 juta BOPD. Khususnya dalam menjaga atau meningkatkan level produksi nasional saat ini.

"Kerja sama ini merupakan salah satu langkah strategis perseroan dengan menggandeng Schlumberger yang memiliki teknologi dan resources yang telah berkembang serta mapan di industri migas. Kami yakin, ini secara langsung akan meningkatkan kapabilitas Elnusa dalam mendukung sinergi dengan Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional. Tentu saja kerja sama ini akan menguntungkan semua pihak," tutur Ali.

Sementara itu, Managing Director Schlumberger, Devan Keith Raj, mengatakan bahwa misi utama Schlumberger adalah untuk menciptakan teknologi yang dapat membuka akses terhadap energi untuk kepentingan khalayak banyak. Sebagai organisasi, Schlumberger berkomitmen penuh dalam pengembangan komunitas di mana mereka beroperasi.

"Secara khusus dalam kegiatan kami di Indonesia, kami bermaksud untuk mendukung program-program Pemerintah di sektor energi. Kami sangat gembira dengan kerja sama yang saat ini kami jalin dengan Elnusa, mengingat hal ini memberikan kami kesempatan turut berkontribusi dalam upaya pencapaian target 1 juta BOPD yang ditetapkan oleh pemerintah," kata Devan, Kamis (11/2/2021).

Devan menuturkan, hubungan Schlumberger dengan Elnusa sebenarnya sudah terjalin dengan baik sejak tahun 1985. Menurutnya, Elnusa merupakan mitra yang ideal. Elnusa merupakan salah satu pelaku industri yang kuat di region ini dan memiliki tujuan, visi, dan misi yang selaras dengan Schlumberger.

"Kami percaya bahwa kombinasi dari teknologi dan pengalaman yang kami miliki dengan keandalan yang dimiliki Elnusa dapat memberikan sumbangsih yang berarti dalam mendukung kesuksesan program-program pemerintah di bidang energi dan kemajuan industri migas Indonesia," tutur Devan.

Kerja sama Elnusa dan Schlumberger ini diharapkan mampu mendukung target pemerintah dalam pencapaian produksi minyak 1 juta BOPD ke depan dan akan menegaskan posisi Elnusa sebagai perusahaan nasional jasa energi yang memiliki diversifikasi portofolio dalam bidang jasa hulu migas terintegrasi, distribusi & logistic energi, dan jasa penunjang, memberikan keuntungan akan meningkatkan nilai layanan yang lebih baik untuk klien.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: