Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kabar Baik, Peringkat Bank Bukopin Naik

Kabar Baik, Peringkat Bank Bukopin Naik Kredit Foto: Bank Bukopin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peringkat PT Bank Bukopin Tbk dinaikkan menjadi idAA dari idA- oleh perusahaan pemeringkat tertua dan terpercaya di Indonesia, PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo. Selain peringkat korporasi, Pefindo juga menaikkan peringkat Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II Bank Bukopin dari idBBB menjadi idA+.

Perusahaan pemeringkat kredit yang telah melakukan rating terhadap lebih dari 700 perusahaan dan pemerintah daerah pada Bulan September 2020 menetapkan Bank Bukopin berada dalam Prospek Stabil yang sebelumnya Credit Watch dengan implikasi berkembang.

Baca Juga: Bank Bukopin Perkenalkan Jajaran Manajemen Baru

Sebagai informasi, rating "idAA" dan Prospek Stabil dimaknai dengan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dibandingkan terhadap obligor Indonesia lainnya. Pemeringkatan atas Bank Bukopin berlaku untuk periode 8 September 2020 hingga 1 Juni 2021.

Setiap tahun surat peringkat akan diperbaharui oleh Pefindo dengan cara memonitor peringkat secara terus-menerus. Menurut analis Pefindo, kenaikan peringkat Bank Bukopin tahun ini didorong oleh konklusi KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali Bukopin dengan kepemilikan saham mencapai 67%.

Hal ini membuktikan bahwa kuatnya posisi perseroan di sektor perbankan dan mencerminkan kemitraan bisnis strategis dengan Kookmin Bank, serta permodalan yang kuat. KB Kookmin Bank yang merupakan bank terbesar di Korea Selatan dan kini sebagai pemegang saham pengendali telah memberikan dukungan yang luar biasa untuk Bank Bukopin.

"Tambahan modal baru sejumlah Rp3,6 triliun yang disalurkan oleh KB Kookmin telah membantu Bank Bukopin dalam menghadapi tantangan likuiditas dan permodalan. Ada beberapa rencana penyesuaian, seperti dalam aspek infrastruktur IT dan praktik underwriting, untuk mengintegrasikan bisnis Bukopin dengan KB Kookmin Bank secara lebih baik," kata Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A. Purwantono di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Dia menjelaskan, masuknya tambahan investasi KB di masa pandemi tentu menjadi momen baik bagi perseroan untuk mengadaptasi profesionalisme bank standar internasional, serta menjadi bukti daya tarik investasi Indonesia yang terus menarik minat investor global demi menyumbang kemajuan perekonomian nasional.

Dengan diraihnya peringkat perusahaan "idAA" dari Pefindo ini tentu patut disyukuri. Naiknya peringkat ini merefleksikan konsistensi perseroan melakukan rangkaian aksi korporasi untuk penambahan modal demi menjaga pertumbuhan kinerja perusahaan.

Ke depan, transformasi Bukopin dengan menyinergikan seluruh aspek yang menjadi kekuatan KB Kookmin ditargetkan akan membuat Bukopin masuk ke dalam 10 besar bank terbaik di Indonesia. Hal ini tentu saja akan menjadikan Bukopin sebagai salah satu aset yang menggerakkan dan membantu pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: