Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tanpa Tedeng Aling-Aling, Rupiah Bikin Dolar AS & Dunia Pusing Tujuh Keliling!

Tanpa Tedeng Aling-Aling, Rupiah Bikin Dolar AS & Dunia Pusing Tujuh Keliling! Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nilai tukar rupiah melawan tanpa balas di tengah risiko yang membayangi dolar AS hingga mata uang Paman Sam itu nyaris terusir dari level Rp13.800 pada Rabu, 6 Januari 2021 pagi. Dilansir dari Reuters, dolar AS sejatinya dihadapkan dengan sejumlah risiko, salah satunya adalah ketidakpastian pemilihan anggota senat.

"Risiko yang dihadapi dolar AS masih sangat besar. Dolar AS akan terus diperdagangkan dengan sentimen risiko umum," tegas Ahli Strategi Mata Uang Senior di Barclays Capital yang berkedudukan di Tokyo, Shinichiro Kadota, dilansir dari Reuters, Rabu, 6 Januari 2021. Baca Juga: Berharap Diskon Ibarat Mimpi di Siang Bolong! Harga Emas Antam Mahal Gila Cuy!

Memanfaatkan momentum tersebut, rupiah lantas menguat signifikan dengan apresiasi 0,83% ke level Rp13.844 per dolar AS. Sebelumnya, rupiah sempat menguat hingga ke level terbaiknya di angka Rp13.840 per dolar AS. Baca Juga: Siap-Siap Cuan! IHSG Lari Kencang pada Pembukaan Sesi Pertama

Rupiah pun berhasil menyapu bersih mata uang global lainnya, termasuk dolar Australia (1,12%). Dua mata uang Eropa juga ikut tunduk kepada rupiah, yakni euro (0,89%) dan poundsterling (0,97%).

Setali tiga uang, rupiah menjelma sebagai yang terbaik nomor satu di Asia. Mata uang Garuda kini unggul jauh atas dolar Singapura (0,98%), yuan (0,97%), won (0,93%), yen (0,90%), baht (0,84%), dolar Hong Kong (0,83%), dan dolar Taiwan (0,76%).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: