Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Astaga! Dolar AS Meledak-Ledak, Rupiah Paling Gawat Sedunia!

Astaga! Dolar AS Meledak-Ledak, Rupiah Paling Gawat Sedunia! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dolar AS meledak-ledak sepanjang perdagangan spot Rabu, 9 September 2020 siang. Hampir semua mata uang tertekan di hadapan mata uang safe haven itu, termasuk dolar Taiwan, dolar Singapura, dolar Hong Kong, dan rupiah. 

Baca Juga: IHSG Jeblok 1,24% pada Rabu Siang, Ratusan Miliar Rupiah Melayang

Di antara lainnya, nilai tukar rupiah menjadi yang paling tertekan sampai siang hari ini. Terlebih lagi, rupiah saat ini sudah terlempar ke atas Rp14.800 per dolar AS. RTI mencatat, jelasng tengah hari, rupiah anjlok ke level terdalam di angka Rp14.817 per dolar AS.

Baca Juga: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga Pula: Rupiah Hari Ini Remuk Redam!

Sampai dengan pukul 12.05 WIB pun, rupiah terkontraksi sedalam -0,80% dan tertahan di level 14.807 per dolar AS. Rupiah juga tertekan signifikan di hadapan dolar Australia (-1,01%), euro (-0,83%), dan poundsterling (-0,70%). 

Jangankan global, melawan mata uang regional saja rupiah sudah berdarah-darah. Menjadi yang terlemah di Benua Kuning, rupiah ambruk terhadap yen (-0,91%), won (-0,90%), baht (-0,86%), dolar Hong Kong (-0,79%), dolar Singapura (-0,74%), yuan (-0,70%), ringgit (-0,60%), dan dolar Taiwan (-0,36%).

Ada berbagai sentimen yang membuat rupiah tertekan terhadap banyak mata uang. Beberapa sentimen tersebut, misalnya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia yang kini menembus angka 200.000 kasus. Ditambah lagi, ekonomi Indonesia sudah berada di ujung jurang resesi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: