Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

QRen Dukung Program Smart City Lewat Pembayaran Via QR

QRen Dukung Program Smart City Lewat Pembayaran Via QR Kredit Foto: Telkom
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) ingin ikut andil upaya pemerintah mewujudkan smart city di Indonesia melalui QRen, layanan pembayaran memanfaatkan teknologi kode QR (Quick Response). Kementerian Komunikasi dan Informatika bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan mencanangkan program "Gerakan Menuju 100 Smart City".

"Keunggulan dari pembayaran kode QR dapat dirasakan langsung oleh masyarakat terutama di masa pandemi ini karena sistem pembayaran ini memungkinkan masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital. Dengan hadirnya teknologi pembayaran kode QR, ke depannya diharapkan dapat membantu mewujudkan juga misi besar pemerintah dalam memberikan layanan terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia," kata Setiaji, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga: Dukung #DiRumahTerusBelajar, Telkomsel Hadirkan Paket Ilmupedia

Smart city merupakan program penciptaan kota atau wilayah berbasis teknologi, di mana masyarakat dan pemerintah setempat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada kehidupan sehari-hari. Melalui program ini, pemerintah bahu-membahu berupaya untuk menciptakan fasilitas kota atau wilayah berbasis teknologi dengan menyusun Masterplan Smart City.

Hingga saat ini, pemerintah telah melakukan integrasi berbagai inovasi teknologi guna menghadirkan layanan terbaik kepada masyarakat, seperti pemanfaatan teknologi pembayaran digital berbasis kode QR sesuai standar Bank Indonesia dan pemanfaatan platform QRen, QRIS-nya Telkom Indonesia, pada setiap segmen bisnis dan pembayaran jasa layanan masyarakat.

Adapun upaya lainnya adalah pemasangan stiker QRIS pada bisnis UMKM, aplikasi QRen pada UKM, serta pemanfaatan API module QRen pada perangkat pendukung aplikasi (layanan POS, aplikasi pembayaran e-commerce, layanan ticketing, parkir, hingga Billing System).

"Aplikasi QRen juga hadir untuk membantu efektivitas pengelola pembayaran layanan masyarakat, baik yang dikelola oleh pihak swasta maupun pemerintah daerah, guna mempercepat terwujudnya smart city di berbagai daerah sekaligus meningkatkan dan memantau Pendapatan Asli Pemerintah (PAD)," kata Fajar Eri Dianto, Chief Executive Officer QRen.

QRen menyediakan layanan dan fitur seperti Integrated QR Payment Application, layanan PPOB, top up e-money, mencetak kode QR untuk pembayaran kode QR, serta riwayat transaksi dan pemisahan modal usaha dan pendapatan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: