Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ngamuk! Pentolan Geng Haiti Pasang Badan Minta Pejabat Gak Becus Urus Krisis BBM Resign

Ngamuk! Pentolan Geng Haiti Pasang Badan Minta Pejabat Gak Becus Urus Krisis BBM Resign Kredit Foto: Reuters/Ralph Tedy Erol
Warta Ekonomi, Port-au-Prince -

Jalan-jalan Haiti luar biasa sepi pada Selasa (26/10/2021) dan pompa bensin tetap kering ketika geng memblokir pintu masuk ke pelabuhan yang menyimpan toko bahan bakar minyak (BBM). Pentolan geng utama negara itu menuntut agar Perdana Menteri Ariel Henry mengundurkan diri.

Jimmy "Barbecue" Cherizier, pemimpin koalisi geng "G9" di wilayah metropolitan ibukota, Port-au-Prince, mengatakan dalam sebuah wawancara radio pada Senin (25/10/2021) malam bahwa dia akan memastikan perjalanan truk bahan bakar yang aman jika Henry meninggalkan kantor.

Baca Juga: Mawozo, Geng yang Jadi Dalang Pelaku Penculikan 17 Misionaris Amerika di Haiti

"Area di bawah kendali G9 diblokir hanya karena satu alasan - kami menuntut pengunduran diri Ariel Henry," kata Cherizier dalam sebuah wawancara di Radio Mega Haiti.

"Kalau Ariel Henry mengundurkan diri jam 8 pagi, jam 08:05 kami akan buka blokir jalan dan semua truk bisa lewat untuk mendapatkan bahan bakar," tambahnya.

Kekurangan bahan bakar selama berhari-hari telah membuat warga Haiti hanya memiliki sedikit pilihan transportasi dan memaksa penutupan beberapa bisnis. Rumah sakit, yang mengandalkan generator diesel untuk memastikan listrik karena pemadaman terus-menerus, juga dapat ditutup.

Situasi tersebut telah memberikan tekanan lebih lanjut pada populasi yang sudah berjuang di bawah melemahnya ekonomi dan gelombang penculikan geng, yang meliputi penculikan awal bulan ini terhadap sekelompok misionaris Kanada dan Amerika.

Seorang juru bicara kantor Henry tidak menanggapi permintaan komentar. Reuters tidak dapat menghubungi Cherizier.

Pernyataannya menunjukkan bagaimana geng mengambil peran politik yang semakin meningkat setelah pembunuhan Juli terhadap Presiden Jovenel Moise. Cherizier mengatakan Henry harus "menjawab pertanyaan" yang menghubungkannya dengan pembunuhan Moise. Henry membantah terlibat.

Pemilihan awalnya dijadwalkan untuk November tetapi ditangguhkan setelah Henry bulan lalu memberhentikan dewan yang menyelenggarakan pemilihan, yang dituduh oleh para kritikus bias mendukung Moise. Henry telah berjanji untuk menunjuk dewan non-partisan yang akan menetapkan tanggal baru.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: