Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bermaksud Pamer Buku Bacaan Ternyata Salah, Eh Firli Kasih Klarifikasi

Bermaksud Pamer Buku Bacaan Ternyata Salah, Eh Firli Kasih Klarifikasi Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meluruskan ucapannya pada saat memberikan sambutan dalam acara serah terima aset barang rampasan koruptor untuk tiga lembaga negara, pagi tadi. Ucapannya itu terkait postingan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta buku yang pernah dibacanya.

Firli mengakui memang sempat menyinggung postingan Anies Baswedan saat membaca buku 'How Democracies Die'. Firli menjelaskan bahwa dirinya juga pernah membaca buku yang mirip dibaca oleh Anies dengan judul yakni, 'Why Nations Fail'.

Bermaksud mengungkapkan bahwa dia juga seorang pembaca buku, ternyata ia salah menyebut tahun penerbitan buku tersebut. Firli pun mengklarifikasi bahwa buku yang pernah dibacanya berjudul 'Why Nations Fail', bukan 'How Democracies Die'. Ia juga meluruskan bahwa buku 'Why Nations Fail' memang terbitan 2012. Ia mengaku salah ucap menjadi 2002, pada pagi tadi.

"Tadi pagi saya menyampaikan kalau Pak Anies baca How Democracies Die. Saya juga lihat bahwa ada yang baca buku Why Nation Fail. Nah saya sudah lama baca buku itu. Saya pernah baca buku Why Nation Fail tahun 2002. Bukan How Democracy Die. Maksudnya, saya baca Why Nation Fail tahun 2012. Buku Why Nation Fail ini yang saya maksud," ujar Firli melalui pesan singkatnya, Selasa (24/11/2020).

Firli mengakui salah ucap ketika menyebut pernah membaca buku 'Why Nations Fail' di tahun 2002. Padahal, buku 'Why Nations Fail' sendiri baru diterbitkan pada 2012. Firli pun menjelaskan bahwa mempunyai buku edisi asli 'Why Nations Fail' terbitab 2012.

"Buku Why Nations Fail yang saya maksud, yang saya sudah baca tahun 2012, edisi asli yang dipublish pertama di Inggris tahun 2012. (bukan terjemahan Indonesia)," kata Firli.

"Bukunya masih saya simpan di perpustakaan saya. Buku Why Nation Fail pertama dipublished di Great Britain 2012 dan dipublished lagi di Amerika di tahun yang sama," imbuhnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: