Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Sembunyikan IP Adress, Biar Nggak Bisa Dilacak!

Cara Sembunyikan IP Adress, Biar Nggak Bisa Dilacak! Kredit Foto: Unsplash/Per Lööv
Warta Ekonomi, Jakarta -

Aktivitas daring di internet merupakan serangkaian komunikasi dua arah antara klien, perangkat lunak (seperti peramban) yang meminta data, serta peladen (server) yang memberi tanggapan ke klien. Nah, tiap klien memiliki alamat IP (IP Adress) dan itu berbeda-beda.

Dengan alamat IP itu, Google jadi tahu kepada pengguna mana ia mesti menampilkan hasil penelusuran, penyedia layanan surel bisa tahu mana surel untuk Anda, dan sebagainya. Singkatnya, alamat IP ini bagai ‘identitas’ di dunia maya. Karena itu, pihak tertentu bisa melacak keberadaan Anda melalui alamat IP, bahkan mengorek privasi Anda.

Namun, jangan khawatir, karena ada sejumlah cara untuk menyembunyikan IP Adress. Mengutip laman resmi Avast, Kamis (8/10/2020), berikut ini cara menyembunyikan alamat IP Anda!

Baca Juga: Cara Menggunakan Keyhole, Alat Lacak Tagar Media Sosial

Baca Juga: Situs DPR Diduga Diretas, Kini Tak Bisa Diakses

Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) menyediakan peladen perantara yang melindungi koneksi Anda ke internet dan menyembunyikan alamat IP. Dengan VPN, aktivitas Anda di internet akan terenkripsi.

Untuk perlindungan optimal, Anda mesti menggunakan VPN berbayar. Karena, jika penyedia layanan VPN-nya tak terpercaya, itu justru berisiko.

Gunakan Tor

Tor merupakan jaringan gratis yang menyembunyikan identitas Anda secara daring, menggunakan sejumlah lapisan enkripsi. Untuk memakai Tor, Anda bisa memanfaatkan peramban Tor. Sama seperti VPN, sistem relai Tor untuk menyembunyikan alamat IP membutuhkan biaya.

Yang berbeda, kecepatan penelusuran Anda akan berkurang ketika menggunakan Tor, karena proses enkripsinya butuh waktu lama. Oleh karena itu, jika hanya ingin menyembunyikan alamat IP, maka lebih baik menggunakan VPN.

Baca Juga: Indonesia Pengguna VPN Terbesar, Pemilihan VPN Perlu Lebih Cermat

Gunakan Proxy

Proxy menangani lalu lintas internet atas nama Anda; itu berperan sebagai penerus permintaan klien sambil menerima dan mengirim tanggapan dari peladen.

Nah, Anda perlu menyesuaikan pengaturan proxy perangkat secara manual jika ingin menggunakan proxy. Sudah begitu, proxy pada umumnya tak akan mengenkripsi lalu lintas Anda di internet

Di sisi lain, sejumlah jenis proxy bisa menyamarkan alamat IP Anda dengan yang palsu. Hasil akhirnya, Anda seolah-olah akan berada di negara yang sama dengan peladen proxy.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: