Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AS Klaim Luncurkan Rudal Antarbenua yang Aman ke Pasifik

AS Klaim Luncurkan Rudal Antarbenua yang Aman ke Pasifik Kredit Foto: U.S. Navy/Mass Communication Specialist 1st Class Ronald Gutridge
Warta Ekonomi, California -

Amerika Serikat (AS) menembakkan sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III yang tanpa hulu ledak dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, California ke Samudra Pasifik. Uji coba misil ini berlangsung Selasa dini hari waktu Amerika.

Angkatan Udara AS dalam pengumumannya mengatakan ICBM Minuteman III diluncurkan pada pukul 00.21 dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California. Misil melesat 6.700 kilometer (4.200 mil) di atas Samudera Pasifik sebelum mendarat di laut dekat Kepulauan Marshall.

Baca Juga: Rudal China Tembak Jatuh Pesawat-pesawat Musuh

"Tes ini menunjukkan bahwa pencegah nuklir Amerika Serikat aman, terjamin, andal, dan efektif," bunyi pernyataan Angkatan Udara Amerika, seperti dikutip AFP, Rabu (5/8/2020).

"Penerbang ... berada di atas pesawat E-6 Angkatan Laut AS untuk menunjukkan keandalan dan efektivitas sistem kendali peluncuran di udara," lanjut pernyataan tersebut.

Komandan Skuadron Tes Penerbangan 576, Kolonel Omar Colbert, menekankan pentingnya uji coba misil antarbenua ini.

"Minuteman III berusia 50 tahun, dan peluncuran uji lanjutan sangat penting," katanya.

"Pesan keamanan nasional yang terlihat ini berfungsi untuk meyakinkan sekutu kita dan mencegah potensi agresor," ujarnya.

Angkatan Udara menambahkan bahwa uji coba peluncuran ICBM Minuteman III bukan respons atau reaksi terhadap peristiwa dunia atau ketegangan regional yang saat ini terjadi.

Minuteman III telah menjadi satu-satunya rudal surface-to-air di gudang senjata nuklir AS sejak 2005. Ia dipasang di pangkalan-pangkalan militer di Wyoming, North Dakota, dan Montana.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: