Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Canggih! Fitur Biometric MotionBanking Milik MNC Bank Amankan Data Nasabah & Permudah Transaksi

Canggih! Fitur Biometric MotionBanking Milik MNC Bank Amankan Data Nasabah & Permudah Transaksi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Keamanan dan kepercayaan adalah kunci dalam dunia digital. PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) yang terjun ke dunia digital lewat Mobile Transaction Indonesia (Motion) Banking pun memiliki kesadaran yang sama. Emiten berkode BABP ini menggunakan fitur biometric untuk menjaga keamanan data nasabah pengguna MotionBanking. Lalu apa itu biometric?

Biometric adalah cara untuk mencocokkan identitas seseorang dengan ciri fisik dan biologis orang tersebut. Salah satu ciri fisik yang dipakai adalah sidik jari. Penerapan biometric sudah jamak tersedia di gawai-gawai terkini. Banyak gawai seperti ponsel dan laptop sudah menyediakan fitur pindai sidik jari untuk menyalakan atau mengunci gawainya.

Hal yang sama juga diterapkan MotionBanking. Fitur biometricjuga diterapkan untuk masuk ke dalam aplikasi. Nasabah kini tidak perlu lagi repot mengingat kata kunci atau pola kuncinya. Nasabah pun tidak perlu khawatir datanya dicuri atau disalahgunakan sebab bank tidak akan menyimpan informasi biometric nasabah.

Baca Juga: Kantor Cabang Ramping & Punya MotionBanking, Teddy Tee: MNC Bank Fokus ke Pertumbuhan

“Biometric di gawai untuk memeriksa bahwa yang sedang mengakses gawai adalah orang yang verified dan valid. Lalu nasabah akan tetap transaksi dengan kata kunci atau one time password (OTP) yang mereka miliki,” papar Chief Digital Forensic PT Digital Forensic Indonesia (DFI) Ruby Alamsyah.

Biometric lebih mudah dan nyaman karena tidak perlu dihafal, tidak akan hilang, tidak bisa ditiru, dan tidak bisa dicuri karena hal itu berada di dalam diri kita (sidik jari, wajah atau retina).

"Bagus, secara tampilan UI/UX kekinian dibanding aplikasi mobile banking swasta nasional yang lain. Warnanya biru tidak mencolok dan lebih aman," ujar nasabah MNC Bank asal Jakarta, Wilson Purba.

Baca Juga: Pastikan Keamanan, Bos MNC Bank: Motion Banking Pakai Fitur Biometric

MotionBanking MNC Bank hadir untuk nasabah sejak Juni 2021. MNC Bank sebagai unit usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melahirkan MotionBanking untuk mendekatkan layanan perbankan kepada nasabah. Fitur yang tersedia pada MotionBanking cukup lengkap. Nasabah dapat memanfaatkan fitur transfer dana, top up e-wallet, bill payment, pembayaran kartu kredit MNC Bank, hingga pengajuan cicilan kartu kredit.

Fitur biometric akan diterapkan untuk registrasi rekening simpanan atau kartu kredit. Lewat fitur ini nasabah tidak perlu keluar rumah dan bisa memproteksi diri dari infeksi Covid-19. Calon nasabah hanya perlu mengisi data pribadi dan mengunggah swafoto dengan e-KTP, tanpa perlu melalui tahapan video call dengan agen MotionBanking.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: