Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

WE Academy-PT SMI Gelar Pelatihan Terkait APU&PPT

WE Academy-PT SMI Gelar Pelatihan Terkait APU&PPT Kredit Foto: Taufan Sukma
Warta Ekonomi, Jakarta -

WE Academy kembali menggelar pelatihan untuk perusahaan dengan tema dan bahasan yang sesuai dan dibutuhkan di sektor industri masing-masing. Kali ini, WE Academy berkesempatan melaksanakan pelatihan dengan materi Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU&PPT) kepada puluhan karyawan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI.

Hal ini terkait dengan pelaksanaan Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) tentang upaya pencegahan proliferasi senjata pemusnah massal, yang lalu disikapi oleh Indonesia dengan penerbitan Peraturan Bersama Menteri Luar Negeri, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, dan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

Baca Juga: Dusdusan Beri Pelatihan Kewirausahaan Digital ke Ibu Rumah Tangga

"Peraturan bersama tersebut berisi tentang Pencantuman Identitas Orang atau Korporasi Dalam Daftar Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal demi menjaga keamanan dan perdamaian dunia yang merupakan tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Kepala Divisi Hukum PT SMI, M Sjafari, di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Sementara di bidang jasa keuangan, menurut Sjafari, OJK juga telah menindaklanjuti penerbitan peraturan bersama tersebut dengan menambah ketentuan baru tentang kewajiban bagi perusahaan jasa keuangan (PJK) untuk melakukan beberapa langkah tindak lanjut atas daftar pendanaan dan proliferasi senjata pemusnah massal. Di antaranya melalui pemeliharaan data, identifikasi dan pemeriksaan kesesuaian identitas, dan pemblokiran dengan serta-merta.

"Hal-hal mengenai APU&PPT ini sangat penting bagi kami sehingga menjadi concern bagi SMI agar karyawan dapat memahaminya dengan baik," tutur Sjafari.

Dengan menyadari kebutuhan tersebut, lanjut Sjafari, pihaknya sengaja menggandeng WE Academy yang selama ini telah berpengalaman dalam menggelar berbagai pelatihan tematik sesuai dengan kebutuhan yang ada di berbagai sektor industri. Dengan pemateri yang berkompeten di bidangnya serta penyampaian informasi yang komprehensif, Sjafari yakin kegiatan kali ini dapat makin meningkatkan kapasitas karyawan SMI, terutama dalam menerapkan kebijakan APU&PPT dalam kinerjanya di lapangan.

"Ada sekitar 40 lebih karyawan kami yang ikut dalam pelatihan kali ini. Tentu saja goals dari (pelatihan) ini agar kapasitas dan kompetensi karyawan dapat makin meningkat, terutama dalam hal APU&PPT," tegas Sjafari.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Taufan Sukma
Editor: Taufan Sukma

Bagikan Artikel: