Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Hari Ulang Tahunnya, Putin Dihadiahi Uji Coba Rudal Hipersonik

Di Hari Ulang Tahunnya, Putin Dihadiahi Uji Coba Rudal Hipersonik Kredit Foto: U.S. Navy/Mass Communication Specialist 1st Class Ronald Gutridge
Warta Ekonomi, Moskow -

Rusia telah menguji peluncuran rudal jelajah hipersonik Tsirkon dan berhasil mencapai target di Laut Barents, Rabu (7/10/2020). Momen ini bertepatan dengan ulang tahun ke-68 pemimpin Rusia, Vladimir Putin.

Kepala staf umum militer, Valery Gerasimov, mengatakan kepada Putin melalui saluran telepon, bahwa serangan uji coba dilakukan dari kapal Laksamana Gorshkov yang terletak di Laut Putih di Rusia utara pada Selasa (6/10/2020).

Baca Juga: Drone Terbaik Rusia Sukses Dilumpuhkan Oposisi Suriah

Putin pun memuji uji coba rudal hipersonik dan senjata Rusia generasi baru yang sempat disinggung dalam pidatonya pada Maret 2018.

"Ini adalah peristiwa besar tidak hanya untuk kehidupan angkatan bersenjata, tetapi juga untuk seluruh Rusia, untuk seluruh negara," kata Putin kepada Gerasimov.

Gerasimov mengatakan misil mencapai targetnya pada jarak 450 kilometer dalam empat setengah menit setelah mencapai kecepatan hipersonik lebih dari Mach 8. Dia menambahkan bahwa tes akan dilanjutkan dan kapal permukaan serta kapal selam Rusia akan dipersenjatai dengan rudal ketika tes tersebut selesai.

Tes Tsirkon dilakukan di tengah ketegangan atas pengaturan senjata antara Rusia dan Amerika Serikat (AS). New START atau pakta senjata nuklir besar terakhir yang diberlakukan antara kedua negara akan berakhir pada Februari tahun depan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: