Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kesenjangan Makin Nyata, Para Orang Terkaya Beli Lebih Banyak Perhiasan di Tengah Pandemi

Kesenjangan Makin Nyata, Para Orang Terkaya Beli Lebih Banyak Perhiasan di Tengah Pandemi Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tanda terbaru dari kesenjangan ekonomi antara si kaya dan si miskin dalam pandemi kembali terlihat: Orang kaya membeli lebih banyak perhiasan kelas atas seperti cincin berlian dan kalung emas.

Dilansir dari CNN Business di Jakarta, Selasa (20/10/2020) menurut Edahn Golan, pendiri Edahn Golan Diamond Research & Data, pembelian perhiasan mewah di AS pulih dari bulan-bulan awal pandemi dan mulai mendapatkan momentum menjelang musim panas. Penjualan perhiasan halus naik hampir 10% menjadi USD5,25 miliar (Rp77,3 triliun) pada Agustus dari bulan yang sama tahun lalu, menurut data terbaru yang tersedia.

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, Kekayaan Orang Terkaya Eropa Melonjak Rp122 Triliun!

Sementara itu, Tiffany, jaringan yang terpukul oleh penurunan kunjungan wisatawan ke toko, mengatakan bahwa penjualan AS pada Agustus dan September turun dengan persentase dua digit yang rendah, peningkatan sejak Mei.

Perusahaan, yang tengah berseteru dengan konglomerat merek mewah Prancis LVMH (LVMHF) atas perjanjian merger, juga menyebut kinerja yang kuat dari lini T1, emas dan emas terbaru dengan koleksi perhiasan berlian. Peningkatan keberuntungan untuk industri perhiasan datang karena pemulihan ekonomi AS setelah terjadi rebound yang cepat di musim panas.

Beberapa ekonom berpendapat bahwa pemulihan ekonomi tampaknya hanya untuk orang Amerika terkaya sementara rumah tangga berpenghasilan menengah dan rendah tidak. Daniel Bachman, peramal ekonomi AS dengan Deloitte, mengatakan pandemi telah menghantam pasar tenaga kerja secara tidak merata.

"Bagian bawah terpukul keras, dan terus terang mereka tidak membeli perhiasan," katanya. "Ujung yang lebih tinggi duduk pada pendapatan yang tidak terpakai dan tingkat tabungan sangat tinggi sekarang."

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: