Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Malang Tak Boleh Ditolak, Mujur Tak Boleh Diraih: Rupiah Sudah Remuk Luar Dalam!

Malang Tak Boleh Ditolak, Mujur Tak Boleh Diraih: Rupiah Sudah Remuk Luar Dalam! Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Malang tak boleh ditolak mujur tak boleh diraih, kenyataan bahwa ekonomi Indonesia masuk jurang resesi mulai bulan Oktober 2020 ini tidak dapat ditampik lagi. Walau pertumbuhan ekonomi kuartal III belum dirilis secara resmi, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, sudah memberikan kisi-kisi bahwa angkanya akan kembali minus. 

Baca Juga: Tiga Kali Berturut-turut, September Deflasi 0,05%

Kepastian atas tumbangnya ekonomi RI akibat pandemi Covid-19 menjadi sentimen negatif bagi nilai tukar rupiah. Ketika hampir mata uang regional berlomba-lomba menekan dolar AS, rupiah justru remuk luar dan dalam, global dan regional.

Baca Juga: Wagelaseh! Habis Bayar Lunas Rp300 Miliar, PPRO Mau Rilis Surat Utang Lagi Rp850 Miliar

Dilansir dari RTI, rupiah terpantau sempat anjlok hingga ke level terpuruknya di angka Rp14.950 per dolar AS. Sampai dengan pukul 12.32 WIB ini pun, rupiah masih tertekan signifikan hingga -0,48% ke level Rp14.926 per dolar AS.

Tekanan global terhadap rupiah tak berhenti sampai di sana. Pasalnya, rupiah masih harus berhadapan oleh dolar Australia (-0,69%), euro (-0,65%), dan poundsterling (-0,60%).

Di Asia, rupiah masih menempati posisi terbawah kedua setelah dolar Taiwan (0,10%). Dengan kata lain, rupiah memerah terhadap yuan (-1,01%), won (-0,63%), dolar Singapura (-0,62%), ringgit (-0,53%), baht (-0,51%), dolar Hong Kong (-0,47%), dan yen (-0,42%). 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: