Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kalau Gojek-Tokopedia Merger, Apa Sih Manfaatnya?

Kalau Gojek-Tokopedia Merger, Apa Sih Manfaatnya? Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Selama bertahun-tahun, Gojek dan Grab berperang di berbagai layanan, dariĀ ride-hailing, pengiriman makanan, teknologi finansial, hingga layanan gaya hidup.

Kemudian, pada 2020, ada isu mengenai merger dua perusahaan itu. Diskusi itu urung berlangsung pada Januari 2021; membuat keduanya terus bersaing sampai hari ini.

Akan tetapi, baru-baru ini, Gojek kabarnya akan merger dengan Tokopedia; yang tidak akan menciptakan monopoli, tetapi berhadapan langsung dengan Sea Group dan Grab, pesaing utama kedua perusahaan.

Baca Juga: 5 Perusahaan yang Investasi Bitcoin, Bukan Cuma Perusahaan Orang Terkaya!

Baca Juga: Dear Apple, Analis Bilang, Luncurkan Pertukaran Kripto Mandiri! Biar ....

Gojek dan Tokopedia merupakan 2 perusahaan teknologi besar Indonesia dengan valuasi masing-masing 10,5 miliar dolar AS (sekitar Rp146,9 triliun) dan 7,5 miliar dolar AS (sekitar Rp105 tirliun).

Gojek memiliki 2 juta mitra pengemudi dan 900 ribu UMKM, sedangkan Tokopedia mengklaim punya 9,9 juta pedagang diĀ marketplace-nya. Bila kedua perusahaan itu menggabungkan operasinya, akan terciptak ekosistem teknologi yang kuat dan menghubungkan jutaan pelanggan, pedagang, dan mitra pengemudi.

Warta Ekonomi mencoba menanyakan kabar tersebut ke kedua pihak, Kamis (11/2/2021), tetapi belum ada yang menjawab permintaan berkomentar hingga berita ini terbit. Namun, berdasarkan laporan KrAsia, baik Gojek maupun Tokopedia menolak mengomentari isu merger mereka.

Manfaat Potensial dari Merger Gojek-Tokopedia

Merger Gojek-Tokopedia dapat mendorong lebih banyak sinergi antara kedua perusahaan, menurut VP Investasi MDI Ventures, Aldi Adrian Hartanto.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: