Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Beasiswa Ujung Negeri, Universitas Pertamina Beri Akses Pendidikan Tinggi ke Wilayah 3T

Beasiswa Ujung Negeri, Universitas Pertamina Beri Akses Pendidikan Tinggi ke Wilayah 3T Kredit Foto: Universitas Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) menyebutkan selama 5 tahun terakhir, pemerintah terus menggenjot pembangunan di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Ini dibuktikan dengan makin berkurangnya jumlah daerah tertinggal di Indonesia. Dari total 122 daerah tertinggal pada tahun 2015, tercatat tahun lalu tinggal 62 daerah.

Mendukung upaya pembangunan daerah 3T khususnya bidang edukasi, Universitas Pertamina memberikan kemudahan akses pendidikan tinggi melalui beasiswa. Kampus energi dan bisnis besutan Pertamina itu, menyiapkan dana sebesar Rp1,4 miliar dalam bentuk Beasiswa Ujung Negeri.

Baca Juga: Keren! Inovasi Mahasiswi Universitas Pertamina Berdayakan Ekonomi Raih Penghargaan Internasional

"Beasiswa ini memberikan pembebasan 100 persen uang gedung dan uang SPP selama masa pendidikan delapan semester. Siswa siswi dari daerah 3T terpilih juga akan memperoleh uang saku bulanan, penggantian transport ke Jakarta dan biaya premi asuransi kecelakaan," ujar Budi W. Soetjipto, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (15/5/2021).

Budi melanjutkan, selama menempuh pendidikan di Universitas Pertamina, kepada para penerima beasiswa akan ditanamkan enam nilai universitas yang salah satunya adalah socially responsible. Melalui Beasiswa Ujung Negeri, diharapkan para lulusan akan kembali ke wilayah asal untuk mendukung pembangunan daerah.

Selama perkuliahan, mahasiswa penerima beasiswa di Universitas Pertamina juga akan mendapatkan akses magang dan kerja praktik di industri, termasuk di Pertamina grup. Mereka juga akan diajar oleh para dosen dan praktisi terbaik di bidangnya. Selain itu, juga terdapat kesempatan untuk berkarier di Pertamina grup bagi lulusan terbaik, sesuai syarat dan aturan yang berlaku di Pertamina.

Beasiswa Ujung Negeri untuk tahun akademik 2021/2022 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 yang lulus pada jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5 (lima). Seleksi ini merupakan seleksi tanpa tes.

Pendaftaran SNR5 dan Beasiswa Ujung Negeri dibuka sejak 4 Mei hingga 21 Juni 2021, melalui laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran. Peserta seleksi juga diwajibkan menyusun karya tulis bertema "Kontribusi Saya kepada Daerah Asal setelah Lulus dari Universitas Pertamina".

Selain Beasiswa Ujung Negeri, Universitas Pertamina juga memiliki 15 jenis beasiswa lain. Informasi lengkap tentang beasiswa dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: