Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Analis: Nokia Rentan Jadi Target Akuisisi, Ini 2 Kandidat Pembeli Terkuat

Analis: Nokia Rentan Jadi Target Akuisisi, Ini 2 Kandidat Pembeli Terkuat Kredit Foto: Reuters/Mikko Stig
Warta Ekonomi, Jakarta -

Microsoft perah membeli Nokia pada 2013, walau hanya unit bisnis ponsel pintar saja. Kini, ada kabar yang menyebut Microsoft masuk ke dalam kandidat terkuat pembeli Nokia.

Berdasarkan prediksi CSS Insight, Microsoft dan Intel berpotensi menjadi pembeli Nokia pada 2021; mengingat unit bisnis jaringannya menarik perhatian para raksasa teknologi Amerika Serikat (AS), menurut laporan Forbes, dikutip Jumat (9/10/2020).

"Kami merasa, Nokia bisa sedikit rentan terhadap akuisisi," begitu kata Direktur Konsumen dan Konektivitas CSS Insight, Kester Mann.

Baca Juga: 5 Tips 'Jualan' di Twitter, Biar Tetap Untung!

Baca Juga: Poco X3: Estimasi Harga, Spesifikasi, dan Tanggal Rilis di Indonesia

Asal tahu saja, Nokia telah resmi menjadi pemasok peralatan bagi operator telekomunikasi raksasa Inggris, BT pada pekan lalu. Mann menilai, hal itulah yang menarik perhatian para perusahaan teknologi besar.

Ia bilang, "Microsoft sangat tertarik dengan dunia telekomunikasi. Kami telah melihat dua akuisisi oleh mereka tahun ini (terhadap Metaswitch dan Affirmed Networks). Kedua kesepakatan berkaitan dengan keahlian jaringan 5G, ruang telekomunikasi, dan sejumlah kontak dalam industri. Kami yakin Nokia bisa menjadi target potensial bagi Microsoft."

Tak cuma itu, tekanan AS ke Huawei juga semakin membuat Nokia semakin menarik bagi perusahaan AS seperti Microsoft, tambah Mann.

"Jelas kalau AS sedang mencari alternatif pengganti Huawei, ada banyak kecemasan soal itu. Secara potensial, Nokia bisa mengisi momentum tersebut," katanya.

Jikalau Microsoft benar berminat membeli Nokia, maka ia mesti bersaing dengan Intel yang kini fokus pada 5G, lanjut Mann lagi. 

Menurutnya, Intel merupakan salah satu pemain yang mesti industri telekomunikasi perhatikan selama beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: