Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Keren! Susul Elon Musk, Pendiri PayPal Ini Bakal Debut Jadi Miliarder Dunia!

Keren! Susul Elon Musk, Pendiri PayPal Ini Bakal Debut Jadi Miliarder Dunia! Kredit Foto: Getty Images/iStockphoto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu pendiri PayPal, Max Levchin akan segera bergabung dengan Elon Musk, Peter Thiel dan Reid Hoffman dalam daftar miliarder dunia. Ia akan menjadi anggota baru dari 'Paypal Mafia' yakni para pendiri PayPal yang sukses menjadi miliarder dunia.

Perusahaan Max Levchin bernama Affirm yang merupakan pemberi pinjaman online yang dimulai oleh Levchin pada 2012. Dalam prospektus IPO yang diperbarui, mereka berencana akan menjual saham seharga USD33 hingga USD38. Di ujung atas kisaran itu, 27,5 juta saham Levchin atau sekitar sekitar 11% dari total saham yang beredar, akan bernilai lebih dari USD1 miliar (Rp14 triliun).

Baca Juga: Puji China Lebih Baik dari AS, Elon Musk: Orang-Orang di Sana Cerdas dan Pekerja Keras

Saham-saham tersebut dikunci selama beberapa bulan ke depan, sehingga nilai sebenarnya dari saham Levchin akan bergantung pada reaksi pasar dan kinerja Affirm sebagai perusahaan publik. Dengan USD38 per saham, Affirm akan bernilai USD9,2 miliar (Rp128 triliun).

Pria 45 tahun ini telah menghasilkan banyak uang di masa lalu, meski tidak sebanyak beberapa mantan rekannya. Beberapa tahun setelah keluar dari PayPal, menyusul penjualan ke eBay pada tahun 2002, ia memulai perusahaan aplikasi sosial Slide.

Kemudian ia menjual Slide ke Google pada tahun 2010 seharga USD182 juta. Levchin juga merupakan investor pertama di Yelp, yang didirikan bersama oleh sesama mantan eksekutif PayPal Jeremy Stoppelman, dan menjadi ketua hingga 2015. Lalu, ia menghabiskan tiga tahun di dewan direksi Yahoo.

Istilah "PayPal Mafia" mulai mendapatkan daya tarik sekitar 15 tahun yang lalu saat karyawan awal dari perusahaan pembayaran tersebut memulai YouTube, LinkedIn, Yelp, Palantir, dan SpaceX.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: