Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pos Indonesia Optimis Penyaluran Bansos Rampung Sesuai Target

Pos Indonesia Optimis Penyaluran Bansos Rampung Sesuai Target Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pos Indonesia (Persero) akan terus mempercepat penyaluran program bantuan sosial (bansos) khusus penanggulangan dampak Covid-19.

Direktur Utama Pos Indonesia (Persero), Faizal R Djoemadi, mengungkapkan, di wilayah Bali dan Nusa Tenggara telah terealisasi sebanyak 3.081.138 kelurga penerima manfaat (KPM) atau 98,06% dari total alokasi 3.141.580 KPM. Sementara itu penyaluran bantuan sosial tunai (BST) untuk Provinsi Bali pada tahap VI atau September 2020 telah tersalurkan sebanyak 598.448 KPM atau 99%.

Baca Juga: Jabar Gaet BUMD Salurkan Bansos Tahap 3

"Pos Indonesia optimistis penyaluran BST tahap lanjutan ini dapat berjalan dengan baik dan tuntas sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah dengan terus mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, memperbanyak titik layanan, memperpanjang jam layanan, serta memperluas kerja sama komunitas di daerah," ucap Faizal di Denpasar pada akhir pekan lalu.

Di Bali, Faizal bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Sosial Juliari P. Batu Bara menyaksikan pencairan bansos di beberapa lokasi. Ada beberapa jenis bantuan yang disalurkan, yakni Bantuan Sosial Pangan Non Tunai Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Sosial Tunai Kartu Sembako Non PKH, dan Bantuan Sosial Beras.

Untuk Bantuan Sosial Tunai, di Provinsi Bali tercatat penerima manfaat sebanyak 189.635 KPM sejumlah Rp568.869.000.000. Di Kabupaten Badung diberikan kepada 12.790 KPM senilai Rp12.743.300.000. Selanjutnya, di Kecamatan Abiansemal disalurkan untuk 3.396 KPM dengan nominal bantuan hingga Oktober 2020 sejumlah Rp10.188.000.000.

Di Desa Dauh Yah Cane terdapat 613 KPM dengan jumlah bantuan hingga Oktober 2020 sebesar Rp1.839.000.0000. Bantuan Sosial Tunai ini disalurkan melalui Kantor Pos dan Himbara. Bantuan diberikan selama sembilan bulan, yaitu April hingga Juni dengan nominal per bulan Rp600 ribu. Kemudian, Juli hingga Desember senilai Rp300 ribu per bulan.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama, menegaskan bahwa pemberian bantuan tersebut bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga penerima bantuan sosial. Kali ini, Bantuan Sosial Tunai disalurkan di Badung, Bali.

"Penyaluran di wilayah ini merupakan penyaluran tahap VII yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero) dengan nilai bantuan Rp300 ribu bagi setiap KPM," pungkasnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: