Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Memasuki Musim Hujan, Ini Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan untuk Kendalikan Gula Darah

Memasuki Musim Hujan, Ini Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan untuk Kendalikan Gula Darah Kredit Foto: Pexels/PhotoMIX Company
Warta Ekonomi -

Merebaknya bakteri di musim hujan membuat para penderita diabetes harus lebih waspada. Kondisi lingkungan yang lembap dan kotor memungkinkan masuknya virus dari makanan. Sehingga gula darah menjadi tidak terkontrol.

Baca Juga: Mengerikan, Cek Kuku Kaki Anda Sekarang! Duh… Perubahan Ini Ternyata Bisa Mengindikasikan Diabetes

Dilansir dari Health Site, seorang konsultan Diabetologist dari Mumbai memberikan beberapa kiat efektif yang dapat dilakukan para penderita diabetes saat musim hujan. Apa saja itu?  

1. Pilih Makanan Higenis 

Selama musim hujan hindari makanan di warung pinggir jalan, karena orang jarang tahu bagaimana bersihnya juru masak atau di mana mereka mendapatkan air bersih untuk memasak.

Karena penderita diabetes memiliki kekebalan tubuh yang sensitif yang dapat mempengaruhi gastroenteritis atau masalah perut lainnya.

2. Cuci Buah dan Sayur

Penting untuk mencuci buah dan sayur, ketika hendak dimakan. Terlebih jika akan di makan di luar ruangan untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini dapat membantu penurunan kadar gula Anda.

3. Konsumsi Rempah Sehat 

Sertakan bawang putih, lada, jahe, kunyit, bubuk jeera dan ketumbar dalam makanan diet Anda karena dapat membantu mengurangi masalah gangguan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Nggak Nyangka! Daun Kersen Cocok Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena…

4. Jaga Kebersihan Kaki

Pasien diabetes perlu berhati-hati terhadap kaki mereka selama musim hujan dan tidak boleh berjalan tanpa alas kaki karena tanah hampir berubah menjadi reservoir berkembangnya semua jenis kuman dan bakteri.

5. Hindari Genangan Air 

Usahakan menghindari berjalan di genangan air kotor saat musim hujan. Segeralah mandi begitu Anda sampai di rumah. Jangan lupa perhatikan mencuci bagian bagian kecil, seperti celah-celah di antara jari-jari kaki Anda secara menyeluruh dengan sabun.

6. Hindari Kaos Kaki

Penderita diabetes lebih rentan untuk menangkap infeksi. Selain itu, kaki mereka menjadi mati rasa dan sakit yang disebabkan oleh kerusakan karena infeksi.

Pada musim hujan, tidak dianjurkan untuk memakai kaos kaki dalam jangka waktu yang lama. Saat menyeka kaki Anda yang basah, pastikan bahwa area di antara jari-jari kaki dibersihkan dengan handuk kering.

Baca Juga: Gampang Banget! Olahraga Ini Diketahui Dapat Menurunkan Darah Tinggi Secara Cepat

7. Perbanyak Olahraga

Pada musim hujan, kemungkinan goresan, memar, luka, kapalan pada kaki meningkat. Pembengkakan kaki dan kemerahan adalah beberapa komplikasi lain yang mungkin terjadi selama musim hujan.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda melihat gejala-gejala ini. Jangan hentikan rutinitas olahraga Anda di musim hujan. Setiap hari minimal 30 menit latihan sangat penting untuk menjaga gula darah tetap terkendali.(*)

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Boleh Bekerja? Ternyata Oh Ternyata…

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: