Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes Kredit Foto: Pexels/Karolina Grabowska
Warta Ekonomi, Jakarta -

Untuk bisa menjaga kesehatan diperlukan pemenuhan nutrisi seperti mineral, kalsium, protein dan juga vitamin. Jika pemenuhan nutrisi tesebut tidak bisa dipenuhi, maka risiko terkena penyakit sangat terbuka lebar.

Diabetes adalah kondisi kronis yang “spesial”, mengapa demikian? Ini karena sedikit saja asupan ke dalam tubuh tidak dalam skala norma (terlalu banyak-terlalu sedikit) maka reaksinya turunannya akan berdampak pada tubuh lainnya.

Baca Juga: Penting! Jenis Camilan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes karena…

Atas kondisi tersebut maka penting bagi penderita diabetes memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan tepat termasuk vitamin.

Berikut ini beberapa vitamin yang dibutuhkan penderita diabetes agar kondisi kesehatan mereka tidak semakin parah, sebagaimana dilansir dari laman Diabetes Strong.

Tiamin (b1)

Mereka dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 lebih cenderung memiliki kadar thiamin dalam darah yang lebih rendah dan biasanya menderita risiko defisiensi thiamin yang lebih tinggi daripada orang yang tidak menderita diabetes. Vitamin ini sangat membantu dalam meredakan nyeri neuropati.

Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan sel darah merah dan fungsi otak. Orang dengan diabetes yang menderita kerusakan saraf di tangan dan kaki mereka mungkin melihat gejala mereka memburuk jika mereka kekurangan vitamin B12. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang dari obat treatment diabetes Metformin dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D terkait dengan perkembangan diabetes, dan sebuah penelitian dari Denmark menunjukkan bahwa tingkat rendah kronis Vitamin D pada penderita diabetes dapat menyebabkan peningkatan risiko komplikasi dan kematian.

Baca Juga: Memasuki Usia 50 Tahun ke Atas, Kebiasaan Minum Berikut Ini Harus Dihentikan

Banyak penderita diabetes juga memiliki kadar Vitamin D yang rendah, jadi pastikan untuk melengkapi diet Anda dengan banyak kuning telur, hati, ikan, dan produk susu dengan nutrisi yang ditambahkan.

Magnesium

Magnesium menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, memperkuat tulang, mengatur detak jantung, dan membantu tubuh mencerna dan menggunakan nutrisi dari makanan yang kita makan setiap hari.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: