Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bikin Merinding! Penyakit Buruli Ulcer Bisa Bikin Lubang Sebesar Bola Tenis dan Cacat Permanen

Bikin Merinding! Penyakit Buruli Ulcer Bisa Bikin Lubang Sebesar Bola Tenis dan Cacat Permanen Kredit Foto: Republika
Warta Ekonomi -

Adam Noel awalnya menilai benjolan merah di belakang pergelangan kakinya sebagai bentol akibat gigitan nyamuk biasa. Namun seiring waktu berlalu, benjolan tersebut tidak membaik dan malah diikuti lubang di tumitnya. Ternyata itu ada penyakit Buruli ulcer yang bisa buat cacat permanen.

"Sesuatu yang aneh sedang terjadi," pikir Noel, seperti dilansir BBC, Senin (15/2).

Merasa ada yang tidak beres, Noel segera memeriksakan diri ke Austin Hospital di Melbourne. Namun saat itu, April 2020 dan petugas-petugas medis di rumah sakit masih kewalahan menghadapi Covid-19.

Para dokter mengatakan luka yang dialami Noel akan membaik dalam waktu dekat. Namun setelah beberapa hari, tendon Achilles Noel memiliki lubang seukuran bola tenis meja. Kondisi tersebut mendorong Noel untuk kembali memeriksakan diri ke dokter, kali ini dia memilih rumah sakit St Vincent's.

Selama sekitar satu pekan di rumah sakit, Noel menjalani beberapa pemeriksaan biopsi. Dari pemeriksaan-pemeriksaan itu, dokter mengonfirmasi bahwa yang dialami Noel adalah Buruli ulcer.

Buruli ulcer merupakan penyakit akibat bakteri yang dapat menyebabkan luka terbuka lebar. Bila tak ditangani, kondisi tersebut dapat menyebabkan kecacatan permanen.

Diagnosis ini baru berhasil ditegakkan enam pekan setelah kemunculan benjolan merah di pergelangan kaki Noel. Bila terus dibiarkan, pria yang tinggal di Melbourne, Australia, ini bisa kehilangan kakinya.

Sebelum mengalami Buruli ulcer, Noel melakukan banyak pekerjaan di kebun. Dia menebang beberapa pohon yang sudah berdiri kokoh selama 20 tahun. Noel merasa kondisi yang dia alami saat ini berkaitan dengan hal tersebut.

"Saya cukup yakin bahwa kondisi ini berkaitan dengan dirusaknya pohon dan habitat posum," tukas Noel.

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: