Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenhub Dukung Jepang Masuk Konsorsium Patimban

Kemenhub Dukung Jepang Masuk Konsorsium Patimban Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung perusahaan Jepang untuk menjadi bagian dari konsorsium Badan Usaha Pelabuhan (BUP) proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk penyediaan suprastruktur dan sebagai operator di Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Hal tersebut terungkap saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kemenhub Bekukan Izin Rute Penerbangan Jakarta-Pontianak, Ternyata Maskapai Lakukan...

"Pemerintah mendukung terhadap keterlibatan perusahaan Jepang untuk menjadi bagian dari konsorsium BUP proyek KPBU untuk penyediaan suprastruktur dan sebagai operator di Pelabuhan Patimban," kata Budi.

Lebih jauh, Budi berharap Pemerintah Jepang dapat memberikan dukungan dan kerja sama lebih lanjutnya terkait program pengembangan kapasitas bagi sumber daya manusia atau operator di Pelabuhan Patimban.

Sebelumnya, Kemenhub menetapkan konsorsium Patimban sebagai pemenang proyek Pelabuhan Patimban. Konsorsium Patimban terdiri atas PT CTCorp Infrastruktur Indonesia, PT Indika Logistic & Support Services, PT U Connectivity Services, dan PT Terminal Petikemas Surabaya.

Dalam pertemuan tersebut sekaligus dibahas sejumlah proyek kerja sama bidang transportasi Indonesia dan Jepang yang tengah dilakukan kedua negara seperti progres pembangunan Pelabuhan Patimban, pembangunan MRT Jakarta Fase 2, dan rencana pembangunan kereta api semicepat Jakarta-Surabaya.

"Kami juga menyampaikan penyelesaian untuk perkembangan pembangunan MRT Jakarta Fase 2 pada 2025 dengan segmen 1  Bundaran HI hingga Harmoni dan tahun 2027 segmen 2 dari Harmoni hingga Kota," tambahnya.

Selain itu, Menhub menyampaikan terkait rencana pembangunan kereta api semicepat Jakarta-Surabaya. Saat ini, pemerintah telah melakukan koordinasi dengan JICA dengan melakukan kegiatan Preparatory Survey for Java Northern Line Upgrading Project.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: