Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Temuan Jet Commerce: Awal Bulan Puasa, Momen Belanja Online

Temuan Jet Commerce: Awal Bulan Puasa, Momen Belanja Online Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jet Commerce menemukan beberapa insight menarik dari perubahan perilaku konsumen selama Ramadan di masa pandemi ini. Berdasarkan hasil riset terbaru oleh iPrice, terdapat pola belanja yang berbeda pada Ramadan tahun ini. Jet Commerce mencatat konsumen tidak mempersiapkan kebutuhan Ramadan jauh–jauh hari sebelum memasuki bulan puasa, seperti yang biasanya terjadi.

Hal ini ditunjukkan dari peningkatan tertinggi jumlah pesanan yang justru terjadi pada minggu pertama bulan Ramadan, yakni meningkat sebanyak 54% dari jumlah pesanan seminggu sebelum memasuki bulan bulan suci tersebut.

"Selalu ada pola–pola tertentu yang terjadi pada momen–momen spesial, seperti Ramadan, apalagi masa pandemi telah mendorong penetrasi bisnis e-commerce jadi semakin besar dan menjangkau berbagai daerah. Jet Commerce mempelajari pola–pola konsumen dalam berbelanja online dari tahun ke tahun untuk membantu pertumbuhan bisnis para mitra kami dengan mendapatkan hasil yang maksimal melalui e-commerce," ujar Webber Chen, CEO Jet Commerce Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/6/2020).

Baca Juga: Rilis ChatPay di WhatsApp, Dompet Dhuafa Target 40.000 Hewan Kurban

Jet Commerce juga menemukan fakta bahwa jumlah penjualan terbanyak terjadi pada minggu kedua dan ketiga bulan Ramadan tahun ini, yakni pada minggu kedua terjadi 27% penjualan dan pada minggu ketiga terjadi 29% penjualan dari total keseluruhan penjualan selama Ramadan.

Puncak nilai transaksi tertinggi juga terjadi pada waktu yang sama, yaitu di 5 dan 11 Mei 2020 atau pada minggu kedua dan ketiga Ramadan, di mana merupakan periode utama masa kampanye Ramadan yang diselenggarakan berbagai platform e-commerce di Indonesia.

Dengan kata lain, konsumen turut memanfaatkan momentum kampanye untuk berbelanja online. Tidak hanya itu, waktu paling aktif bagi konsumen dalam berbelanja online selama Ramadan terjadi pada pukul 00.00–02.00 dini hari dan pukul 09.00–12.00.

Meskipun transaksi melalui e-commerce masih didominasi warga berdomisili di DKI Jakarta dan Jawa Barat, namun keterbatasan yang terjadi karena pandemi ini turut serta mendorong konsumen di berbagai daerah untuk memanfaatkan platform e-commerce dalam memenuhi kebutuhannya.

Seperti pada Ramadan tahun ini, Jet Commerce mencatat pembelian terjauh secara geografis pada kategori Health & Beauty terjadi di Aceh, Sulawesi Utara, dan Papua, sementara pada kategori Mom & Baby, pembelian terjauh terjadi di Bengkulu, dan Electronic dari Aceh, Papua, dan Maluku.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: