Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Prancis, Jerman, dan China Dorong Kesepakatan Nuklir Iran Sebelum Waktu...

Prancis, Jerman, dan China Dorong Kesepakatan Nuklir Iran Sebelum Waktu... Kredit Foto: Ima Media Screencap
Warta Ekonomi, Paris -

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Presiden China Xi Jinping sepakat masih ada 'jendela peluang' untuk meraih kesepakatan nuklir 2015. Tiga pemimpin tersebut menggelar pertemuan via video Senin (5/7/2021).

Seorang pejabat Pemerintah Prancis mengatakan, tiga kepala pemerintahan itu sepakat negosiasi kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) harus 'segera' dicapai dan risiko proliferasi nuklir harus dihindari. Pejabat tersebut meminta namanya tidak sebutkan karena peraturan kantor kepresidenan Prancis.

Baca Juga: Dengan Bantuan Satelit, Pakar Bongkar Kerusakan Besar Pabrik Sentrifugal Nuklir Iran

Tiga pemimpin pemerintahan tersebut juga setuju, kesepakatan harus 'dilakukan sekarang' untuk menghindari ancaman terhadap kawasan. Ia menambahkan pesan tersebut untuk mendorong negosiator menyelesaikan negosiasi yang mengalami kebuntuan selama berbulan-bulan.

Dalam negosiasi yang sudah digelar selama enam bulan di Wina, Austria, negara-negara yang masih tergabung dengan JCPOA yakni Rusia, China, Jerman, Prancis, Inggris dan Iran mencoba menyelesaikan isu mengenai bagaimana Amerika Serikat (AS) bergabung kembali ke kesepakatan tersebut. Kemudian bagaimana Iran kembali mematuhi persyaratan dalam perjanjian itu.

Pada 2018, AS di bawah Donald Trump menarik Washington dari perjanjian tersebut. Namun Presiden Joe Biden ingin AS kembali bergabung.

Negosiasi terakhir mengenai hal ini dilakukan pada 20 Juni lalu. Belum diketahui kapan pertemuan untuk kembali ke meja perundingan dimulai kembali.

JCPOA bertujuan mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir. Teheran selalu membantah ingin memproduksi senjata pemusnah massal tersebut.

Prancis dan Jerman mengatakan Macron, Merkel, dan Xi juga membahas hubungan Uni Eropa dengan Cina. Mereka mendiskusikan perdagangan internasional, perlindungan iklim dan keanekaragaman hayati dan kerja sama dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: