Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pandemi, Ini 5 Barang Terpopuler Versi Tokopedia

Pandemi, Ini 5 Barang Terpopuler Versi Tokopedia Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Belanja daring saat ini masih menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus mendorong pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM untuk terus beroperasi. Tokopedia pun mengumumkan tren transaksi jual-beli online di platformnya sepanjang kuartal III 2020.

"Kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik, dan Handphone & Tablet menjadi lima kategori paling populer selama periode Juli hingga September 2020," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/10/2020).

Baca Juga: Peluang Bisnis Online, Produk Batik di Tokopedia Laris Manis

Pada kategori Makanan dan Minuman, penjualan meningkat hampir 3 kali lipat selama pandemi. "Produk sembako seperti telur dan ikan, mie instan, teh, madu, dan kopi lokal menjadi produk yang paling laris," tambah Nuraini.

Masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah juga mendorong peningkatan pada kategori Rumah Tangga yang mencapai lebih dari 2 kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi. Tempat sepatu dan sandal, pengharum ruangan, dan bantal tidur menjadi produk yang paling digemari.

Pada kategori Elektronik, produk seperti bohlam pintar, earphone, antena, dan receiver TV menjadi produk yang paling laris. Sementara pada kategori Handphone & Tablet, penyangga dan tripod untuk telepon seluler, powerbank, serta kabel data merupakan produk yang paling banyak dicari.

Kategori Kesehatan di sisi lain juga mengalami peningkatan hampir 2,5 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya. Masker dan face shield masih menjadi produk kesehatan yang paling dicari masyarakat.

Situasi pandemi saat ini mendorong masyarakat untuk tetap melaksanakan aktivitas baik bekerja maupun sekolah dari rumah. Hal ini memicu peningkatan transaksi pada kategori Komputer dan Laptop. Wifi extender, meja laptop, mouse, webcam, dan headset tercatat sebagai produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat selama kuartal III 2020.

Keadaan pandemi di sisi lain mendorong masyarakat lebih banyak membaca selama di rumah. Pada kategori Buku, buku tentang pengembangan diri, pendidikan, religi, dan buku fiksi menjadi produk yang paling populer.

Kegiatan berolahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat selama pandemi.

"Bersepeda, yoga, dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf, serta tenis meja merupakan lima aktivitas olahraga yang memicu kenaikan signifikan pada penjualan produk di kategori Olahraga selama kuartal III 2020," tambah Nuraini.

Kesadaran masyarakat untuk tetap merawat diri walau di tengah pandemi mendorong adanya peningkatan pada kategori Perawatan Tubuh yang mencapai lebih dari 2 kali lipat.

Selain itu, pada kategori Kecantikan, serum wajah lokal, krim, dan pembersih wajah menjadi produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Salah satu pegiat usaha lokal yang menghadirkan beragam produk perawatan wajah, Aubree Skin, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 10 kali lipat selama periode Juli-September 2020.

Pada kategori Fashion Pria dan Wanita, kaos, celana pendek, aksesoris kacamata, jam tangan, baju tidur, dan pakaian dalam menjadi yang paling populer. Sementara pada kategori Fashion Muslim, perlengkapan ibadah, jilbab, dan gamis menjadi produk yang paling laris.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: