Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ubah Strategi Bisnis, Startup Fashion Tinkerlust Ubah Fokus Produk

Ubah Strategi Bisnis, Startup Fashion Tinkerlust Ubah Fokus Produk Kredit Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tinkerlust meluncurkan strategi bisnis barunya untuk memperkuat posisinya sebagai online platform yang mempraktikkan dan mendukung gerakan sustainable fashion. Tak lagi menjadikan item preloved sebagai fokus utamanya, Tinkerlust kini mengajak brand lokal yang memiliki visi dan misi sejalan untuk menjual produknya di website Tinkerlust.com.

Alasan Tinkerlust mengadopsi strategi barunya ini karena banyaknya masyarakat di Indonesia terutama kaum wanita yang belum sepenuhnya sadar terhadap manfaat dari menerapkan sustainable fashion. Sementara, di luar sana banyak yang sudah mempraktikkan living minimalist salah satunya dalam berbelanja.

Baca Juga: Keren, Amartha Satu-satunya Fintech Tanah Air yang Tembus 250 Startup Paling Menjanjikan

Topik ini pun sedang hangat dibicarakan oleh semua industri tak terkecuali fashion industri di berbagai dunia karena bukan menjadi rahasia lagi bahwa industri ini adalah penyumbang sampah kedua tertinggi setelah industri minyak dan gas.

"Ini adalah salah satu bentuk kontribusi dalam mengurangi limbah fashion karena produk tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang," ucap Aliya Amitra, COO dan Co-Founder Tinkerlust.com, Selasa (22/9/2020)

Selain itu, memajukan pengrajin lokal dan pemberdayaan wanita juga menjadi salah satu alasan dari inisiasi baru ini. Peluncuran strategi baru ini ditandai melalui campaign "Local Heroes". Pada campaign ini turut serta 14 brand lokal yang memiliki nilai-nilai kebumian.

"Ke-14 brand yang kini sudah bergabung telah lama menerapkan praktik ramah lingkungan dalam proses perancangan hingga produksinya," ucap Samira Shihab, CEO sekaligus Co-Founder Tinkerlust.

Tinkerlust.com didirikan pada tahun 2015 untuk melayani kebutuhan wanita Indonesia dalam berjual beli barang-barang preloved fashion. Selain sebagai marketplace, Tinkerlust juga merupakan komunitas bagi public figure dan influencer yang aktif di dunia fashion, beauty, dan lifestyle. Tinkerlust.com sering kali berkolaborasi bersama dalam bentuk event maupun tempat bagi komunitas tersebut untuk berjualan preloved fashion mereka.

Pada tahun sebelumnya, Tinkerlust turut menjadi mitra Jakarta Fashion Week 2020 dan menggandeng 3 desainer Tanah Air, yaitu Jenahara Nasution, Alexalexa, dan Hakim Satrio serta Riyam Handayani untuk mengangkat konsep upcycling fashion lewat pagelaran "A Story of Second Chances". Di tahun yang sama, Tinkerlust juga meluncurkan fitur terbarunya, Tinkerjoy, sebuah layanan rental berbasis subscription.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: