Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Salah Sasaran! Miliarder Ini 'Niat' Gulingkan Investasi Warren Buffett

Salah Sasaran! Miliarder Ini 'Niat' Gulingkan Investasi Warren Buffett Kredit Foto: Theguardian.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Investor miliarder Mark Cuban dan Chamath Palihapitiya menantang Warren Buffett dalam pertarungan asuransi mobil. Untuk diketahui, pasangan investor ini telah menanamkan USD160 juta untuk Metromile, perusahaan asuransi mobil bayar per mil sekaligus harga yang disesuaikan untuk pengemudi.

Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Jumat (27/11/2020) startup ini mengandalkan perangkat yang dipasang pelanggan di kendaraan mereka, yang melacak jarak tempuh dan melaporkan data lain dengan izin mereka.

Perusahaan yang akan go public ini diproyeksi akan memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD1,3 miliar. Ini telah setuju untuk bergabung dengan NSU Acquisition Corp II, kendaraan akuisisi tujuan khusus (SPAC) yang didirikan oleh manajer aset Cohen & Co.

Baca Juga: Warren Buffett Komentari Sosok Kandidat Menkeu AS Janet Yellen, Apa Katanya?

Sementara itu, konglomerat Berkshire Hathaway Buffett memiliki Geico, perusahaan asuransi mobil utama AS sebagai antara anak perusahaannya yang terbesar sekaligus terlama yang dimiliki. Metromile digadang akan menjadi saingan Geico.

Buffett, membeli Geico pada awal 1950-an. Dia mengeluarkan USD47 juta untuk membeli sepertiga dari perusahaan untuk Berkshire pada tahun 1976, dan memperoleh sisa bisnis sebesar USD2,3 miliar pada tahun 1995.

Geico telah menambahkan lebih dari USD50 miliar ke nilai intrinsik Berkshire sejak 1993, dan menghasilkan lebih dari USD22 miliar dalam bentuk float asuransi untuk berinvestasi di tempat lain. Investor juga memuji perusahaan asuransi mobil itu sebagai permata dan perusahaan yang luar biasa pada pertemuan pemegang saham Berkshire tahun itu.

Mark Cuban mengaku senang memiliki investasi di Metromile. Namun, perusahaan ini menghasilkan pendapatan USD53 juta tahun lalu dan mengalami kerugian operasional sebesar USD57 juta. Sementara itu, Geico memperoleh pendapatan USD35,6 miliar dan pendapatan sebelum pajak USD1,5 miliar pada tahun 2019.

Cuban, Palihapitiya, dan Metromile memiliki jalan yang panjang jika menantang Buffett dan memiliki niat untuk menggulingkan Geico dari Buffett.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: