Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kalau Gibran 'Dibawa' ke Jakarta, Hati-Hati Anies Baswedan dan AHY!

Kalau Gibran 'Dibawa' ke Jakarta, Hati-Hati Anies Baswedan dan AHY! Kredit Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat sosial politik Fadhli Harahab menilai, peluang Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka diboyong ke Jakarta pada Pilkada Serentak 2024 cukup terbuka. Pendukung Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal ketar-ketir.

Hal itu dinyatakan Fadhli menanggapi pernyataan Petinggi Partai Demokrat yang menuding bahwa penolakan Presiden Jokowi terhadap RUU Pemilu dan sejumlah partai pendukung pemerintah disinyalisasi untuk menyiapkan Gibran ke kontes Pilkada DKI Jakarta.

Baca Juga: Tunda Revisi UU Pemilu Gara-Gara Gibran Mau Nyalon Cagub DKI, Faktanya....

"Mungkin-mungkin saja Gibran ikut berkompetisi di Pilkada DKI Jakarta. Kenapa tidak? Toh, dia memiliki modal politik yang besar untuk ikut bertarung," kata Fadhli saat dihubungi SINDOnews, Minggu (14/2/2021).

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) itu menilai, Gibran berkesempatan merasakan panasnya kompetisi Pilkada DKI Jakarta yang diprediksi berlangsung ketat jika berhadap-hadapan dengan Anies Baswedan sebagai petahana atau Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang disebut-sebut dipersiapkan untuk DKI Jakarta.

Bahkan, Fadhli menganggap, jika sampai Gibran diboyong ke Jakarta, bukan tidak mungkin kehadiran Gibran bisa bikin ketar-ketir Anies dan AHY serta para pendukungnya.

"Jika betul terjadi, Pilkada DKI akan lebih panas, ketat, dan kompetitif. Tidak menutup kemungkinan juga Gibran akan mengikuti jejak bapaknya, pertama kali merasakan ganasnya pertarungan Ibu Kota. Karena ini berbeda dengan di Solo, jadi butuh kerja ekstra keras dan strategi jitu untuk menang," ujarnya.

Namun, analis politik UIN Jakarta itu menyarankan agar putra sulung Presiden Jokowi itu tetap fokus menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Solo. Gibran harus berhasil mencipatakan legacy, setidaknya untuk dua tahun sampai Pilkada DKI Jakarta dilaksanakan.

"Naikkan prestasi Kota Solo. Tingkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Syukur-syukur lebihi bapaknya, kan begitu harapan masyarakat Solo. Karena proses tidak akan mengkhianati hasil, sehingga peluangnya tentu akan makin terbuka," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: