Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Foto Sejumlah Warga China Berpakaian Brimob, Rupanya...

Foto Sejumlah Warga China Berpakaian Brimob, Rupanya... Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebuah akun Facebook bernama Loreng Mba mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan sembilan pria bermata sipit mengenakan seragam polisi sekaligus atribut-atribut lainnya dan topi baret. Si pemilik akun menuliskan keterangan untuk foto itu: "Ini penampakan beberapa ORANG CHINA berseragam BRIMOB/POLISI".

Baca Juga: Hoaks Berpotensi Timbulkan Konflik, Cegah dengan Membaca

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, foto-foto serupa pernah beredar pada tahun 2016 dengan narasi yang nyaris sama. Foto itu, sesuai penelusuran dengan mesin pencari gambar milik Google, pernah digunakan oleh laman Riauaktual.com dalam artikelnya yang berjudul "Heboh Warga Cina Berseragam Brimob, Ini Penjelasan Polisi". Kesembilan pria yang menggunakan seragam itu merupakan warga sipil.

Kepala Satuan Brimob Polda Sumatera Utara Kombes Zulfikar menjelaskan, warga sipil itu tergabung dalam anggota Korps Musik (Korsik) Satbrimob Polda Sumut. Mereka menggunakan seragam hanya pada saat tampil di acara Polri sebagai bentuk penyesuaian.

"Mereka pemain musik yang sudah menjadi mitra Polri untuk Korsik dan ditampilkan saat upacara dengan menggunakan baju polisi sejak tahun 80-an. Mereka yang jadi korps musiknya hanya pakai seragam pada saat itu saja," katanya.

Sementara, foto yang memperlihatkan dua pria menggunakan kaus biru berkerah bukanlah seragam Polri. Foto itu pernah diklarifikasi oleh Mafindo pada Desember 2016. Diketahui bahwa seragam yang digunakan bukanlah seragam Polri melainkan organisasi Forum Bhayangkara Indonesia (FBI). FBI adalah sebuah organisasi yang sah dan beranggotakan WNA yang secara administrasi sudah legal.

KESIMPULAN

Foto itu pernah beredar dan diklarifikasi pada tahun 2016. Pria-pria berseragam dalam foto merupakan warga sipil yang tergabung dalam anggota Korps Musik (Korsik) Satbrimob Polda Sumatera Utara. Sementara, foto dua pria dengan kaos berkerah biru bukanlah menggunakan seragam kepolisian, melainkan seragam organisasi Forum Bhayangkara Indonesia (FBI).

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4381

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: