Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLTMG Sorong 50 MW Menjadi Pionir dalam Program Gasifikasi Kementerian ESDM

PLTMG Sorong 50 MW Menjadi Pionir dalam Program Gasifikasi Kementerian ESDM Kredit Foto: Dok. PLTMG
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT. Malamoi Olom Wobok (MOW) mencetak sejarah dalam dunia energi Nasional dengan keberhasilannya mensuplai gas dari Lapangan Arar, Wilayah Kerja Kepala Burung ke PLTMG Sorong 50 MW. Keberhasilan ini ditandai dengan first gas burning PLTMG, Rabu (20/1/2021). 

PLTMG Sorong 50 MW menjadi pembangkit pertama digasifikasi dari 52 pembangkit di seluruh Indonesia yang seluruhnya direncanakan rampung digasifikasi sebelum Januari 2022 sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020. PT MOS selaku BUMD Kabupaten Sorong membuktikan sanggup untuk turut menyukseskan Program Pemerintah Pusat khususnya di bidang Energi. Setelah ini pihaknya akan bergerak cepat untuk mengekspansi bisnis suplai LPG dalam upaya pemenuhan demand di area Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua. Baca Juga: Pascagempa 7,1 SR, PLN Pastikan Keamanan Kelistrikan di Sulut

Gabriel Hasahatan Simanjuntak, Direktur Utama PT. MOW mengatakan, dengan konversi bahan bakar pembangkit dari HSD menjadi gas selain menurunkan BPP listrik juga mengurangi kadar polutan di Kabupaten Sorong khususnya area KEK Sorong. Hal ini tentunya memiliki multiplier effect yang sangat besar bagi pertumbuhan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sorong dan terbangunnya infrastruktur gas di KEK Sorong akan semakin memacu investor untuk hadir kesini.

Seperti diketahui, PT. MOW menuntaskan Program Gasifikasi ini hanya dalam waktu 2 bulan setelah ditandatanganinya Perjanjian Jual Beli Gas dengan PT. Indonesia Power selaku pemilik PLTMG Sorong 50 MW. Dalam waktu yang singkat ini PT. MOW membangun infrastruktur berupa pipa gas sepanjang 600 m dan Meter Regulation Station (MRS). Baca Juga: PLN Jatim Jamin Infrastruktur Listrik Aman dari Bencana

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi untuk membangun Negeri dengan cara menyukseskan Program ini. Kami pun sangat siap jika mendapat kepercayaan untuk kembali bersinergi mensuplai gas dari Lapangan Gas Arar menggunakan pengapalan CNG/LNG ke lokasi lain khususnya di pulau Papua seperti PLTMG Manokwari 20 MW, PLTMG Nabire 10 MW, PLTMG Biak 10 MW, dan PLTMG Jayapura 40 MW,” urai Gabriel, dalam keterangannya, Jumat (22/1/2021).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: