Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

India Uji Coba Pesawat Berbahan Bakar Biofuel

India Uji Coba Pesawat Berbahan Bakar Biofuel Kredit Foto: File/The Telegraph India
Warta Ekonomi, New Delhi -

India uji coba pesawat bertenaga biofuel pertama yang bertujuan untuk mengurangi biaya perjalanan udara pada Senin (27/8/2018).

"Pesawat turboprop Bombardier Q400 yang berkapasitas 72 tempat duduk, yang digerakkan oleh campuran bahan bakar biofuel dan turbin udara, lepas landas dari bandara Jolly Grant di negara bagian utara ibu kota Uttarakhand, Dehradun, India setelah dilepas oleh Menteri Utama Trivendra Singh Rawat," ungkap pejabat India.

India akan bergabung dengan kelompok elit negara-negara seperti Amerika Serikat dan Australia jika testflight ternyata menjadi sukses dan lengkap.

"Biofuel untuk testflight ini dikembangkan oleh Institut Perminyakan India milik Dehradun dan residu pertanian, minyak yang tidak dapat dimakan, dan limbah industri dan kota digunakan untuk persiapan," ujar seorang pejabat, sebagaimana dikutip dari Xinhua, Selasa (28/8/2018).

"Tidak ada penumpang dalam penerbangan. Hanya maskapai penerbangan dan pejabat penerbangan yang sedang dalam penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan berbiaya murah Spicejet. Para insinyur pesawat juga siap membantu pilot dalam keadaan darurat," pungkasnya.

Penerbangan biofuel pertama kali dioperasikan oleh maskapai penerbangan Virgin Atlantic antara London dan Amsterdam sekitar 10 tahun yang lalu.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: