Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendengar Kisah Heroik Kakak Beradik Muslim Albania Berbulan-bulan Lindungi Yahudi dari Nazi

Mendengar Kisah Heroik Kakak Beradik Muslim Albania Berbulan-bulan Lindungi Yahudi dari Nazi Kredit Foto: Norman H. Gershman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hamid Veseli dan Xhemal Veseli merupakan kakak beradik warga Albania yang berjasa bagi keluarga Yahudi. Bagaimana tidak? Keduanya yang beragama Islam justru menyelamatkan keluarga Yahudi dari perburuan Nazi. 

Museum asal Israel, Yad Vashem, menganugerahkan penghargaan Righteous Among the Nations kepada Veseli bersaudara pada Mei 2004. Keduanya menjaga keselamatan keluarga Yahudi Joseph Ben Joseph dan keluarga Mandil saat mengungsi ke Albania.  

Baca Juga: Joget-joget saat Gaza Diserang Zionis, Umat Yahudi Tertimpa Bangku Sinagoga Berjemaah

"Di bawah pendudukan Italia, Joseph bekerja untuk saya [Hamid] di toko pakaian saya dan Moshe Mandil bekerja di studio fotografi saudara kami Refik. Kedua keluarga itu adalah pengungsi dari Yugoslavia," kata Hamid dalam wawancara yang kutip dari situs resmi Yad Vashem.  

Hamid menceritakan, dengan datangnya pendudukan Jerman pada 1943, kedua keluarga Joseph dan Mandil dipindahkan ke rumah keluarga di Krujë. Xhemal mengantar mereka dari siang hingga malam selama 36 jam ke rumah keluarga.  

"Kami mendandani mereka sebagai penduduk desa. Dua hari kemudian kami memindahkan anak-anak mereka ke Krujë," ujar Hamid. 

Hami mengungkapkan, pada siang hari, mereka menyembunyikan orang dewasa di sebuah gua di pegunungan dekat desa. Sementara, anak-anak Yahudi bermain dengan anak-anak lain di desa.

"Seluruh lingkungan tahu kami melindungi orang Yahudi. Ada keluarga Yahudi lain yang dilindungi," ucap Hamid. 

Hamid masih mengingat bahwa suatu hari tentara Jerman pernah melakukan pencarian dari rumah ke rumah untuk mencari senjata yang hilang. Mereka tidak pernah menemukan pistol itu dan mengeksekusi tentara yang kehilangan pistol.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: