Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Sentral Eropa Rencana Buat Euro Digital Lebih Ramah Energi dari Bitcoin

Bank Sentral Eropa Rencana Buat Euro Digital Lebih Ramah Energi dari Bitcoin Kredit Foto: Unsplash
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Sentral Eropa, atau ECB, bergabung dengan klub lembaga keuangan ramah kripto yang sedang berkembang saat mengumumkan keputusan untuk meluncurkan proyek untuk mempersiapkan kemungkinan mengeluarkan euro digital. 

“Kami akan melihat bagaimana euro digital dapat dirancang dan didistribusikan ke semua orang di kawasan euro,” dikutip dari Cointelegraph, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Pencipta Dogecoin: Pasar Kripto Mengerikan, Banyak Kartel Jahat

Menurut siaran pers pada 14 Juli, dewan pemerintahan ECB telah meluncurkan fase penyelidikan proyek euro digital. Fase ini direncanakan berlangsung selama dua tahun, selama waktu itu Eurogroup akan merancang mata uang digital yang berfokus pada preferensi pengguna dan saran teknis oleh pedagang dan perantara.

Berbagi lebih banyak wawasan, pernyataan resmi ECB juga menyoroti keberhasilan mereka dalam mengidentifikasi berbagai cara untuk melindungi privasi penggunanya, selaras dengan persyaratan GDPR nasional. 

“Ini juga menunjukkan bahwa kebutuhan energi infrastruktur akan dapat diabaikan dibandingkan dengan konsumsi energi dan jejak lingkungan dari aset kripto, seperti bitcoin (BTC).”

Salah satu anggota dewan eksekutif ECB, Fabio Panetta, mengklarifikasi bahwa keberhasilan euro digital akan sangat bergantung pada nilai yang ditambahkannya untuk “orang, pedagang, dan perantara keuangan di kawasan euro.”

Pada garis waktu yang sama, Uni Emirat Arab juga mengumumkan minat untuk meluncurkan versi digital dari fiat negara tersebut. Dalam rencana tiga tahun mulai dari 2023-2026, Bank Sentral UEA bermaksud untuk menjadi salah satu dari 10 pemimpin keuangan teratas di seluruh dunia.

Dalam apa yang tampaknya semakin umum pada tahun 2021, raksasa perbankan di seluruh dunia mengumumkan minat mereka untuk bereksperimen dengan berbagai jenis aset kripto. Baru-baru ini, Perdana Menteri Vietnam Ph?m Minh Chính meminta Bank Negara Vietnam untuk mulai menguji coba mata uang digitalnya sendiri.

Sementara ekosistem crypto menghadapi perlawanan arus utama yang sangat besar, pemerintah sekarang berhati-hati untuk kehilangan inovasi yang mendasarinya. Karena semakin banyak pemimpin yang terus berbagi minat mereka dalam mencoba mata uang digital, Bitcoin diatur untuk mendefinisikan kembali "B" dalam perbankan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: