Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Georgia Pertimbangkan Peluncuran CBDC

Georgia Pertimbangkan Peluncuran CBDC Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Nasional Georgia (NBG) mengatakan sedang mempertimbangkan peluncuran mata uang digital bank sentral atau CBDC.

Dalam pengumuman pada hari Rabu, bank sentral mengisyaratkan penerbitan CBDC dalam upaya "untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran domestik dan inklusi keuangan." NBG mengatakan akan mengundang perusahaan fintech dan lembaga keuangan lainnya untuk berpartisipasi dalam proyek tersebut, yang dinamai "Digital Gel", diambil dari simbol mata uang fiat negara itu.

Baca Juga: CEO Binance Ungkap Alasan Kripto Lebih Menarik Daripada Mata Uang Digital

“CBDC berjanji untuk membuka nilai yang luar biasa dari model bisnis inovatif untuk kepentingan masyarakat,” kata pengumuman itu dikutip dari Cointelegraph, Kamis (6/5/2021).

“Pengenalan CBDC dapat meningkatkan efisiensi perantara keuangan, membantu memperkenalkan teknologi keuangan baru, memfasilitasi inklusi keuangan, dan menjangkau populasi yang sebelumnya tidak memiliki rekening bank,” lanjut pengumuman tersebut.

Namun, bank tersebut menyebutkan kemungkinan risiko dalam peluncuran CBDC di Georgia mengingat "teknologi baru dan berpotensi mengganggu". NBG mengatakan mungkin melakukan pengujian ekstensif CBDC dalam lingkungan yang terkontrol untuk memastikan peluncuran yang lancar, tetapi tidak memberikan rincian apa pun terkait jadwal peluncuran.

Dengan populasi sekitar 4 juta dan produk domestik bruto sekitar $ 15 miliar (Rp 214 triliun), negara seperti Georgia berada di ujung yang lebih kecil dari negara-negara yang mengeksplorasi CBDC.

Bahama secara resmi meluncurkan mata uang digital bank sentral Sand Dollar pada Oktober 2020, sementara China telah menguji coba yuan digitalnya di kota-kota tertentu sebelum peluncuran skala penuh.

Di Amerika Serikat, perusahaan Fortune 500, Accenture, minggu ini mengumumkan akan bermitra dengan Digital Dollar Foundation untuk melakukan uji coba CBDC.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: