Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Sentral Inggris: Mata Uang Digital Bisa Bentuk Tatanan Moneter Baru

Bank Sentral Inggris: Mata Uang Digital Bisa Bentuk Tatanan Moneter Baru Kredit Foto: Unsplash/Viktor Forgacs
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank of England atau Bank Sentral Inggris (BoE) memperluas penilaiannya terhadap mata uang digital, termasuk mengevaluasi bagaimana aset ini dapat membentuk dasar "tatanan moneter baru".

Andy Haldane, kepala ekonom bank dan anggota Komite Kebijakan Moneter, memberikan pidato pada Rabu di Konferensi Peringatan 10 Tahun TheCityUK.

Transkrip 19 halaman, berjudul Merebut Peluang dari Keuangan Digital, menyelidiki berbagai topik terkait mata uang digital dan dampaknya terhadap stabilitas keuangan dan kebijakan moneter.

Baca Juga: Tiga Raksasa Bank Pimpin Eksperimen dengan Yen Digital

"Model perbankan tradisional akan terganggu" oleh mata uang digital yang banyak digunakan. Haldane mengatakan, lebih banyak perhatian perlu diberikan "pada potensi manfaat jangka panjang dari perubahan struktural seperti itu."

Salah satu manfaat tersebut adalah munculnya apa yang disebut perbankan sempit, yang akan memisahkan sebagian aktivitas berbasis pembayaran "aman" bank dari bisnis kredit berisiko mereka.

"Pada prinsipnya, memisahkan pembayaran yang aman dan aktivitas peminjaman yang berisiko dapat mengarah pada penyelarasan risiko dan durasi yang lebih dekat di neraca lembaga-lembaga yang menawarkan layanan ini," kata Haldane dikutip dari Cointelegraph, Jumat (20/11/2020).

Di sisi kebijakan moneter, bank sentral yakin mata uang digital dapat mengurangi atau bahkan mungkin meniadakan prevalensi suku bunga negatif. Haldane mengatakan tarif terikat nol atau negatif "muncul dari kendala teknologi pada kemampuan untuk membayar atau menerima bunga atas uang tunai."

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: