Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenalin nih! LISA, Layanan Terbaru BI

Kenalin nih! LISA, Layanan Terbaru BI Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) meluncurkan layanan chatbot LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia) melalui aplikasi Whatsapp, Line Messenger, dan Facebook Messenger.

Chatbot LISA merupakan layanan operasional robot dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan teks.

"Peluncuran chatbot LISA merupakan suatu bentuk terobosan baru/inovasi layanan informasi publik yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi terkait BI," Demikian disampaikan Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, dalam peluncuran chatbot LISA secara virtual, di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut ia menyampaikan, BI akan terus berkomitmen untuk menjadi lembaga publik yang menjunjung tinggi transparansi dalam memberikan layanan informasi.

Baca Juga: Pekan Pertama November, BI Perkirakan Inflasi 0,18%

"Chatbot LISA menjadi kanal baru dalam diseminasi informasi publik Bank Indonesia, untuk saat ini terkait Kurs Bank Indonesia, Perizinan QR Code Indonesian Standard (QRIS), Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 RI), informasi debitur, serta layanan Contact Center BICARA 131 lainnya," tukasnya.

Layanan chatbot 24 jam selama setiap hari dapat diakses melalui Whatsapp Messenger pada nomor 081131131131 dan dengan menambahkan @bank_indonesia pada layanan Line Messenger. Sementara itu, layanan chatbot Facebook Messenger Bank Indonesia dapat diakses di luar jam operasional BICARA 131, pada Senin-Jumat di luar jam 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu selama 24 jam.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan serifikat perpanjangan ISO 9001:2015 standar internasional manajemen mutu oleh perusahaan penyedia layanan sistem sertifikasi, TUV SUD Indonesia, kepada pusat komunikasi (contact center) BICARA 131.

Selama perjalanan tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, BICARA 131 terus menunjukan konsistensinya untuk menjadi pusat komunikasi (contact center) yang memiliki bisnis proses berstandar internasional.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: