Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Pimpin Lonjakan Minat Pada Kripto, Raih Peringkat Pertama Menurut Laporan Coinformant

Indonesia Pimpin Lonjakan Minat Pada Kripto, Raih Peringkat Pertama Menurut Laporan Coinformant Kredit Foto: Unsplash/Pierre Borthiry
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menurut data baru, di tengah pertumbuhan berkelanjutan dalam adopsi cryptocurrency di seluruh dunia, negara-negara seperti Indonesia dan Chili telah melihat gelombang minat publik yang signifikan terhadap cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC).

Menurut laporan hari Jumat oleh startup pendidikan blockchain Australia Coinformant, Indonesia telah memimpin dunia dalam minat kripto pada tahun 2021.

Baca Juga: Dapat Angin Segar dari Rusia, Indodax: Momentum Tepat Investasi Bitcoin

Dalam laporan Coinformant, Indonesia mencapai skor minat kripto tertinggi dengan 5,73 dari 10, mengalahkan negara lain dalam kombinasi empat faktor termasuk jumlah pencarian Google, jumlah artikel kripto yang diterbitkan, peningkatan tingkat keterlibatan dan kepemilikan kripto. Selanjutnya Chile berada di peringkat kedua dengan skor 5,26, diikuti Argentina dengan skor 4,79.

Mengutip data dari platform keterlibatan BuzzSumo, Coinformant menghitung bahwa Indonesia telah mengalami peningkatan besar-besaran 1,772% dalam jumlah orang yang terlibat dengan artikel tentang cryptocurrency dari tahun ke tahun (YOY). Jumlah artikel kripto yang diterbitkan di Indonesia melonjak 133%, sementara Finlandia mengalami peningkatan terbesar sebesar 725%.

Indonesia juga merupakan negara dengan peringkat tertinggi kedua dalam hal peningkatan pencarian Google terkait kripto selama 12 bulan terakhir, melonjak lebih dari 572%. Chili dilaporkan melampaui Indonesia dalam metrik ini, dengan 707% lebih banyak pencarian Google YOY.

Mengutip dari data kepemilikan kripto Chainalysis, metodologi Coinformant juga mencakup informasi tentang kepemilikan kripto global. Laporan tersebut mencatat bahwa Ukraina memegang proporsi kripto tertinggi, dengan lebih dari 12% populasi memiliki cryptocurrency.

Meskipun Indonesia memenangkan perlombaan dalam hal lonjakan minat kripto secara keseluruhan, Amerika Serikat secara konsisten menjadi negara terbesar dalam hal keterlibatan kripto dan faktor lainnya.

“Laporan ini adalah tentang negara-negara dengan peningkatan tertinggi dari langkah-langkah ini tahun ini dan perlu dicatat ketika melihat murni pada volume, AS secara konsisten menjadi nomor satu,” kata juru bicara Coinformant .

Meskipun memberlakukan larangan menyeluruh pada pembayaran kripto pada tahun 2017, pihak berwenang Indonesia telah membuat perdagangan cryptocurrency legal. Pada bulan Agustus, Pintu, dompet cryptocurrency dan platform perdagangan utama Indonesia, mengumpulkan 35 juta dolar dari beberapa investor terbesar di industri kripto dan blockchain.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: