Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Layar Tancep FFI 2020 Digelar, Tayangkan 2 Film Klasik

Layar Tancep FFI 2020 Digelar, Tayangkan 2 Film Klasik Kredit Foto: Unsplash/Alex Litvin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Festival Film Indonesia 2020 bersiap membuka rangkaian program menuju penghargaan yang bakal digelar Desember mendatang. Program pertama yang berjalan adalah pemutaran layar tancep luar ruangan yang digelar di area mural M Bloc Space, Jakarta, mulai Sabtu (25/7/2020).

Pemutaran perdana bekerja sama dengan PLTI (Persatuan Layar Tancep Indonesia) yang berikutnya menggandeng Kineforum. Dua film pertama yang diputar adalah film Catatan Si Boy yang masuk dalam seksi program “Darah Muda” dan Taksi yang masuk dalam seksi program “Halo? Indonesia”.

Baca Juga: Catat Ya! Ini Cara Mudah Cek Rating dan Box Office Film Indonesia

Film Catatan Si Boy dirilis pada 1987, diarahkan oleh sutradara Nasri Cheppy. Sinema mendapatkan nominasi Sutradara Terbaik dan Tata Musik Terbaik (untuk Dodo Zakaria) pada FFI 1988. Film ini dibintangi antara lain oleh Onky Alexander, Didi Petet, dan Meriam Bellina.

Sedangkan, film Taksi arahan sutradara Arifin C Noer tayang pada 1989. Sinema mendapat enam Piala Citra di FFI 1990, termasuk lima kategori utama yaitu film terbaik, sutradara terbaik, skenario terbaik, pemeran utama pria terbaik (Rano Karno), dan pemeran utama wanita terbaik (Meriam Bellina).

Film-film ini diputarkan dengan format aslinya yaitu film 35MM. Program pemutaran rencananya dilakukan secara berkala dengan tujuan menyapa masyarakat melalui khazanah film Indonesia yang luas. Berlangsung pula diskusi seputar tema, pembuatan, dan konteks film.

FFI melakukan kurasi film dan mengategorikannya dalam sejumlah seksi program. Ada segmen “Aku Pulang!”, yang bertujuan menyapa seluruh keluarga Indonesia, terdiri atas film-film yang mengeksplorasi makna keluarga. Selain itu, ada pula subprogram “Halo? Indonesia”.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: