Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pandemi Bawa Rezeki: Beko Catatkan Peningkatan Penjualan 3x Lipat

Pandemi Bawa Rezeki: Beko Catatkan Peningkatan Penjualan 3x Lipat Kredit Foto: Beko
Warta Ekonomi, Jakarta -

Data dari ResearchAndMarket.com menunjukkan, secara global, penjualan perlengkapan rumah tangga dan dapur sepanjang Maret dan April 2020 mengalami peningkatan seiring lebih banyaknya waktu yang dihabiskan masyarakat di rumah, akibat pandemi. Sejalan dengan temuan tersebut, para pengamat memprediksi, penjualan produk rumah tangga yang menawarkan fitur pendukung higenitas akan terus meningkat.

Dengan semangat yang sama, Beko memperkuat bisnisnya di Indonesia dengan terus melakukan penetrasi ke sejumlah kota di Indonesia meski di tengah isu pandemi. Ali Cagri Gonculer, Country General Manager Indonesia, PT Beko Appliances Indonesia, mengungkap bahwa mendukung generasi baru untuk menjalani hidup yang lebih sehat adalah misi perusahaan.

Baca Juga: Bos Latinusa Beberkan Strategi Bisnis di Era Pandemi

"Hal itu kami wujudkan melalui kehadiran produk yang didukung dengan teknologi berkualitas terdepan. Sementara dari sisi bisnis, kami terus beradaptasi dengan pasar Indonesia, seraya terus meningkatkan penetrasi dan memperkuat seluruh jalur distribusi yang kami miliki," ujar Ali Cagri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Selain fokus pada penguatan bisnis, induk perusahaan Beko, Arçelik, menunjukkan komitmennya dalam membantu melawan pandemi Covid-19 dengan memproduksi secara masal ventilator dan menyumbangkannya kepada negara-negara yang membutuhkan. Pada akhir Mei 2020, Arçelik telah menyelesaikan targetnya untuk memproduksi 5.000 ventilator; 2.134 di antaranya disumbangkan ke Turki, sedangkan sisanya akan dikirim ke negara-negara yang terkena dampak besar dari Covid-19, salah satunya Indonesia.

Penetrasi dan Strategi di Tengah Pandemi

Sejak kehadirannya pada akhir 2018 lalu, Beko terus melakukan ekspansi ke berbagai kota besar di Indonesia. Saat ini, Beko telah hadir di 14 provinsi di Indonesia: Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, serta Kalimantan Selatan.

Rencananya, Beko akan terus melakukan penetrasi ke berbagai wilayah lain di Tanah Air. Kehadiran Beko di sejumlah kota besar di Indonesia ini juga disambut baik oleh masyarakat dan para mitra distributor. Hal ini berdampak positif pada jumlah penjualan perusahaan secara nasional. Faktanya, pada semester 1 2020, Beko berhasil mencatatkan peningkatan hingga 3x lipat dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

"Dari sisi jalur distribusi, penjualan melalui online meningkat cukup tajam akibat diberlakukannya pembatasan sosial di sejumlah tempat. Sebelum pandemi, penjualan Beko melalui jalur online baru menyumbang 3% dari total penjualan. Namun selama pandemi, angka ini meningkat hingga 17%," jelas Arief Setiawan, Sales Director PT Beko Appliances Indonesia.

Tak hanya itu, lanjut Arief, kontribusi jalur ritel tradisional pun mengalami peningkatan. Hal inilah yang membuat Beko optimis untuk terus melakukan perluasan pasar di kota-kota besar di Indonesia.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk rumah tangga yang membantu mereka menjalani hidup yang lebih bersih dan sehat terbukti dari tingginya minat masyarakat terhadap produk-produk Beko. Lemari es berkapasitas 370–400 liter milik Beko dilengkapi dengan teknologi HarvestFresh, membawa sinar tiga warna cahaya layaknya siklus sinar matahari dalam sebuah crisper. Teknologi ini melindungi kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur agar tetap terjaga.

Sementara, teknologi EverFresh+ membantu memelihara kesegaran pada buah dan sayur agar mampu bertahan 3x lebih lama. Dengan begitu, masyarakat khususnya para ibu tidak perlu sering keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan karena lemari es dari Beko membantu menjaga kesegaran sayur dan buah lebih lama.

Selan itu, yang juga banyak dicari adalah produk AC dari Beko yang didukung teknologi Double Hygiene Filter. Teknologi itu mampu menyaring partikel debu berukuran sangat kecil sehingga udara yang dihasilkan tetap bersih dan segar. SilverIon+ juga membantu melepaskan ion yang bertugas untuk mengeliminasi virus, bakteri, dan kuman yang ada pada udara sekitar.

"Selain lemari es dan AC, rangkaian produk Beko lain seperti vacuum cleaner dan mesin cuci juga kian diminati masyarakat Indonesia. Hal ini karena rangkaian produk Beko memiliki sejumlah fitur yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya di era pandemi saat ini," pungkas Arief.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: