Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saiful Mujani: Ini Pertama Kalinya Parpol Dibajak oleh Kader di Luar Partai

Saiful Mujani: Ini Pertama Kalinya Parpol Dibajak oleh Kader di Luar Partai Kredit Foto: Antara/Endi Ahmad
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kisruh Partai Demokrat terus bergulir. Bahkan sejumlah mantan kader senior Partai Demokrat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) yang memutuskan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Pengamat politik, Saiful Mujani menilai kondisi ini sebagai sesuatu yang ironi. Seorang pejabat negara seharusnya melindungi semua partai, bukan justru mengambil alih. Bahkan zaman Orde Baru (Orba) yang otoriter saja pengambilalihan oleh kader partai sendiri, bukan pejabat negara.

"Zaman Orba saja yang otoriter pengambilalihan kekuasaan lewat KLB oleh kader partai sendiri. kasus PDI misalnya. Di era demokrasi sekarang Demokrat justru diambil alih oleh pejabat negara yang mestinya melindungi semua partai. ironi luar biasa," kata Saiful Mujani seperti dikutip dari lini masa akun Twitternya, @saiful_mujani, Jumat (5/3/2021).

Dalam cuitan sebelumnya, Saiful Mujani menilai penunjukan Moeldoko menjadi ketua umum Partai Demokrat melalui KLB sebagai pembajakan.

"Kejadian pertama partai dibajak orang luar partai," cuitnya.

Menurut dia, demokrasi dunia sekarang memang sedang mundur atau backsliding. "Menurut studi terakhir Haghar dan Kufman (2021) penyebabnya adalah tindakan-tindakan politik oleh pejabat yang justru hasil demokrasi sendiri. kita mungkin masuk di sini," cuitnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: