Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Korlantas Polri Bakal Gelar IT Road Safety 2020

Korlantas Polri Bakal Gelar IT Road Safety 2020 Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Korlantas Polri akan menggelar IT Road Safety Expo 2020 yang didalamnyajuga akan dilakukan soft launching “RasiRosa Korlantas” (literasi road safety) dan pemberian penghargaan IT Road Safety Award yang diberikan kepada Polda dan Polres/Polresta, yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi yang terkait IT Road Safety. Acara yang berlangsung pada 24 – 26 November 2020 ini juga akan dilakukam Pameran Virtual dan Seminar IT secara daring, yang terkait dengan penggunaan TI untuk road safety (keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara/berlalu lintas).

KaKorlantas Polri, Istiono menegaskan bahwa modernisasi TI di Korlantas Polri, dilakukan untuk meningkatkan kecepatan, keakuratan, keefektifan, dan transparansi pelaksanaan tugas-tugas Korlantas Polri sehingga daya dukung Kepolisian/Korlantas Polri kepada negara, pemerintah, dan masyarakat, makin meningkat.

Selain itu, dengan dilakukannya modernisasi TI, diharapkan keprecayaan masyarakat dan para pemangku kepentingan kepada Korlantas Polri dalam memberikan layanan dan menjalankan tugas-tugasnya, dapat terjaga dan terus membaik.

“Oleh karenanya, saya berharap semua pihak dapat mendukung modernisasi TI di Korlantas Polri secara efektif dan transparan, mengingat teknologi TI / digital berkembang dan berubah sangat cepat. Dan tentu, modernisasi TI Korlantas juga diharapkan bisa terintegrasi dan mendukung Smart City dan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ujar KaKorlantas Polri, Istiono, dalamketerangan resmi di Jakarta, Sabtu (21/12/2020). 

Baca Juga: Bertemu KASAD TNI, Bamsoet Dukung TNI-Polri Terlibat Aktif dalam Vaksinasi Massal Covid-19

dalam kesempatan yang sama, Direktur Kamsel Korlantas Polri, Chryshnanda Dwilaksana, mengungkapkan bila Korlantas Polri saat ini sedang mengembangkan Smart Management, agar seluruh rangkaian aplikasi dapat dikonsolidasikan dan diintegrasikan secara efektif dan efisien. Sisteminputing data yang menjadi variable kunci dari IT Road Safety mulai satuan kerjaPolres, Polda, teritegrasi dengan sistem yang terpusat dari berbagai metode inputing dan jenis data (baik manual maupun automatis).

“Smart Management di Korlantas, lanjut Chryshnanda, merupakan sistem-sistem elektronik atau sistem online yang saling terhubung, berbasis kepada Back Office Application, yang juga memanfaatkan Artificial Intelligent (AI), Internet of Things (IoT) dan IT Network. Di sini semuanya saling bersinergi,” jelasnya.

IT Road Safety Expo, merupakan ajang sosialisasi dan edukasi untuk masyarakat dan para pemangku kepentingan akan pentingnya membangun budaya tertib berlalu lintas. “Kita ingin menunjukkan bahwa TI merupakan suatu keniscayaan dan keharusan, untuk membangun dan mencapai tujuan dari Road Safety agar lalu lintas aman, selamat, tertib, lancar. Dengan hal tersebut, harapannya kita dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, terbangun budaya tertib.

“Selain itu, agar kita dapat memberikan pelayanan yang prima, yang dapat diakses dengan cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, mudah diakses, dengan algoritma yang menghasilkan info grafis, stastistik dan virtual, sehingga dapat melakukan prediksi, antisipasi, dan solusi yang on time, real time, dan any time,” tambah Chryshnanda.

Baca Juga: Copot 2 Kapolda, Sekarang Saatnya Kapolri Dicopot Presiden Jokowi

Semantara, Ketua Panitia Penyelenggara IT Road Safety Expo 2020, Arman Achdiat, menjelaskan bahwa selain diikuti secara virtual/daring oleh seluruh jajaran Korlantas hingga di daerah, kegiatan IT Road Safety Expo ini dapat diikuti oleh masyarakat umum, komunitas otomotif, komunitas TI/digital, produsen kendaraan, dan peralatan keamanan berkendara atau semua pihak yang terkait dengan program Road Safety di Indonesia, melalui virtual.

Kegiatan IT Road Safety Expo ini merupakan program sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan, terkait pentingnya program road safety yang didukung oleh kemajuan teknologi TI di Korlantas Polri. Dalam kesempatan ini, juga akan dilakukan soft launching website “RasiRosa Korlantas” (Literasi Road Safety) yang bisa diakses masyarakat umum, melalui Smartphone.

RasiRosa ini berisi monitoring informasi lalu lintas di sosial media, website, informasi tentang Black Spot (identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas), Analisis dampak lalu lintas (ANDALALIN), hasil diskusi dan kajian Forum Group Discussion (FGD) dan publikasi terbaru perbagai peraturan lalu lintas.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: