Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang HUT ke-63, Pertamina Resmikan Tiga BBM Satu Harga pada Hari Pahlawan

Jelang HUT ke-63, Pertamina Resmikan Tiga BBM Satu Harga pada Hari Pahlawan Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jelang HUT ke-63 Pertamina sekaligus menyambut Hari Pahlawan, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) I meresmikan tiga lembaga penyalur BBM satu harga.

Setelah pada bulan September lalu diresmikan BBM Satu Harga di pelosok Bumi Tano Niha, kini ditambahkan kembali titik lembaga penyalur BBM satu harga sebanyak dua di Kabupaten Nias Barat dan satu di Kabupaten Nias Selatan.

Baca Juga: Pertamina Tambah Bantuan Pengungsian Gunung Merapi

Turut hadir dalam peresmian tersebut Komite BPH Migas, Marwansyah Lobo Balia, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ikhtihar Doha, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Nias Barat, Darman Gulo, serta Executive General Manager MOR I, Herra Indra Wirawan.

Dalam sambutannya, Komite BPH Migas, Marwansyah Lobo Balia, mengatakan bahwa dengan makin banyaknya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak ini makin memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan bakar. BBM satu harga ini diperuntukan untuk wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, Terdepan).

"BBM satu harga ini menjadi bukti pemerintah bekerja keras termasuk saat situasi pandemi ini. Dengan bertambahnya SPBU kompak ini, diharapkan pihak pemerintah daerah, pengusaha, serta Pertamina dapat bekerja sama sehingga masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Selatan mendapatkan BBM secara adil dan merata," kata Lobo, Selasa (10/11/2020).

BPH Migas sendiri telah menetapkan kuota Jenis BBM Tertentu (JBT) untuk Kabupaten Nias Barat tahun 2020 yang sebesar 170 ribu liter untuk minyak tanah dan sebanyak 908 ribu liter produk Biosolar. Sementara, kuota Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Premium tahun 2020 sebesar 2,6 juta liter.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ikhtihar Doha, mengatakan bahwa keberadaan BBM satu harga di Kabupaten Nias Selatan ini penting untuk masyarakat sehingga masyarakat pun dapat makin mudah dalam mengakses bahan bakar. Untuk Kabupaten Nias Selatan, SPBU Kompak kini hadir di Kecamatan Fanayama.

"Kami berterima kasih kepada BPH Migas dan Pertamina karena telah menghadirkan program BBM satu harga di Kabupaten Nias Selatan sehingga masyarakat dapat merasakan bahan bakar dengan harga yang wajar dan sama di wilayah lainnya," kata Doha, Selasa (10/11/2020).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Nias Barat, Darman Gulo, menuturkan, lembaga penyalur BBM satu harga sangat bermanfaat di Kabupaten Nias Barat. "Setelah bulan September lalu hadir di Kecamatan Mandrehe, kini BBM satu harga turut hadir di Kecamatan Lolofitu Moi dan bertambah satu di Kecamatan Mandrehe," tutur Darman, Selasa (10/11/2020).

Melalui kebijakan BBM satu harga ini, Herra mengatakan Pertamina berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bagi masyarakat, termasuk di Pulau Nias.

Executive General Manager MOR I, Herra Indra Wirawan, mengatakan, Pertamina berkomitmen untuk memeratakan dan menghadirkan bahan bakar masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya dengan program BBM satu harga ini.

"Sejak tahun 2018 hingga saat ini, Pertamina sudah menghadirkan sepuluh titik SPBU kompak yang dibangun di Pulau Nias. Semoga masyarakat terbantu dengan kehadiran SPBU kompak ini dan Pertamina dapat terus hadir untuk menyediakan BBM berkualitas ke masyarakat," kata Herra, Selasa (10/11/2020).

Selain meresmikan BBM satu harga, Pertamina juga secara simbolis menyerahkan bantuan CSR. Total bantuan yang diberikan sebanyak Rp150 juta. Bantuan tersebut diberikan kepada Gereja Katolik Stasi Desa Hiliuso Kecamatan Lolohitu Moi, Sekolah Dasar KB. Paud Bawofanayama, serta Desa Onlimbu Raya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: