Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pembekalan Pendidikan yang Tepat Menghasilkan SDM Bangsa Berkualitas

Warta Ekonomi, Jakarta -

Siapapun dapat mencetak sejarah jika sudah diawali dari fondasi, keyakinan, dan usaha yang kuat untuk terus mengembangkan wawasan dan perspektif. Karena itu, tidaklah mustahil mengatakan bahwa bangsa Indonesia memiliki kesempatan maju yang sama dengan bangsa lain. 

Seperti apa yang dikatakan oleh tokoh hebat kita, B.J. Habibie, “Hanya anak bangsa sendirilah yang dapat diandalkan untuk membangun Indonesia. Tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain”. Tentunya dimulai dari generasi muda, mereka yang masih bermimpi tinggi dan terbuka akan segala akses ilmu dan pengalaman. Momentum inilah yang sangat penting diperhatikan baik oleh orang tua dan institusi pendidikan.

Di tingkat perguruan tinggi misalnya, seyogyanya berkewajiban secara moral dalam mewadahi peserta didiknya agar mendapatkan pendidikan teraktual dan komprehensif. Bukan hanya menyematkan gelar, melainkan membekali pengetahuan sesuai minat, mengajarkan norma berkehidupan sosial, kesempatan mengecap pengalaman, membuka pola pikir, dan hal-hal yang di kemudian hari mereka hidupi, sehingga siap menghadapi dunia nyata. 

Seolah gayung bersambut, hasil riset SEA mengatakan anak muda Indonesia termasuk golongan yang optimis terhadap kemajuan di ASEAN, dengan 54% mayoritas yang percaya bahwa teknologi dan bisnis akan meningkatkan lapangan pekerjaan di suatu negara. Ini membuktikan bahwasanya membangun SDM berkualitas di Indonesia berpeluang besar melihat potensi yang dimiliki oleh generasi era digital (Sumber: mnews.co.id).

Maka, sudah tepat yang dilakukan oleh Universitas Prasetiya Mulya sebagai institusi pendidikan dengan komitmen dan kontribusi melahirkan generasi muda berkompeten dan mendunia. Hal itu dapat terlihat, salah satunya melalui kurikulum dan metode pembelajaran dalam berbagai bidang bisnis, pariwisata, hukum, teknologi, dan sains di School of Business and Economics dan School of Applied STEM Prasetiya Mulya.

14 program studi di kedua bidang tersebut didesain dengan mengikuti perkembangan industri dan tentunya berorientasi masa depan. Sebuah realisasi gagasan dan sebagai bentuk tanggung-jawab moral pada pelaku industri Indonesia agar  mampu dalam bersaing.

Selain membentuk program studi sesuai kebutuhan zaman, Universitas Prasetiya Mulya terus mengupayakan berbagai kesempatan yang bersifat meningkatkan mutu, seperti meningkatkan metode perkuliahan ke teknologi terkini dan berkolaborasi dengan pihak luar, baik industri, pemerintah, ataupun perguruan tinggi lain. 

Terbukti hasilnya, belum lama ini pemerintah mengeluarkan program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2021. Dimana mahasiswa terpilih akan mengampu pembelajaran di universitas terkemuka dunia dengan beasiswa penuh selama 1 semester. 8 dari 20 beasiswa diraih oleh mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, bekal perkuliahan ternyata mampu mengantarkan mereka untuk melompat jauh sejajar dengan mahasiswa luar negeri.

Mereka adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis, Adam Azis Berlian (S1 Business 2019), Artstein Dhimathera dan Ferdyanto Tjhai (S1 Business Economics 2018). Kemudian, dari  jurusan matematika bisnis, Angelique Allison dan Felicya Irenea Darmawi (S1 Business Mathematics 2019), Christine Olivia dan Vincentius Christopher Calvin (S1 Business Mathematics 2018), serta Zaida Jameela Heinrich dari jurusan S1 Renewable Energy Engineering 2018).

Felicya, mahasiswi yang lolos Study Abroad Program di University of Pennsylvania berpendapat, “Pembelajaran di mata kuliah Applied Communications (Universitas Prasetiya Mulya) tentang tulisan akademis dalam Bahasa Inggris sangat mendukung (untuk menolong dia lolos program IISMA)”. 

Sejalan dengan apa yang dirasakan teman perkuliahannya yang berhasil menembus studi di Boston University, Artstein menyampaikan, Kaprodi (Kepala Program Studi) di Prasmul sangat helpful, begitu aku daftar, langsung ditanggapi dan diurus semua dokumen. Jadi mempermudah aku untuk proses data ke portal IISMA.

Program, fasilitas, dukungan, dan lingkungan yang suportif  inilah yang ditemukan dalam keseharian mahasiswa Prasetiya Mulya. Pola pikir dan terbukanya berbagai kesempatan terus diupayakan untuk meningkatkan potensi mereka.

Maka untuk menyampaikan proses belajar tersebut, kampus ini akan kembali menghadirkan Online Info Session untuk Program Sarjana, 11 September 2021 via Zoom Meeting. Melalui sistem daring, keingintahuan para calon mahasiswa/i ataupun orang tua akan dilengkapi secara utuh, baik kegiatan akademik dari seluruh program studi, non-akademik, dan berbagai informasi perkuliahan lainnya langsung dari mahasiswa dan dosen Prasetiya Mulya, termasuk informasi pendaftaran.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: