Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bill Gates Dianggap sebagai 'Dokter' Paling Kuat di Dunia

Bill Gates Dianggap sebagai 'Dokter' Paling Kuat di Dunia Kredit Foto: Reuters/Simon Dawson
Warta Ekonomi, Jakarta -

Beberapa miliarder puas dengan membeli sebuah pulau untuk diri mereka sendiri, tetapi Bill Gates memilih untuk membangun badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa.

Selama dekade terakhir, orang terkaya di dunia ini telah menjadi donor terbesar kedua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peringkat kedua setelah Amerika Serikat dan satu peringkat di atas Inggris.

Dilansir dari Politico.eu di Jakarta, Kamis (3/12/2020) sumbangan ini memberinya pengaruh yang sangat besar atas agendanya, yang dapat tumbuh karena AS dan Inggris mengancam untuk memotong pendanaan jika agensi tidak membuat kasus investasi yang lebih baik.

Baca Juga: Bill Gates Salah! Bisnis Perjalanan Gak Akan Mati!

Hasilnya, kata para pengkritiknya, prioritas Gates telah menjadi prioritas WHO. Alih-alih berfokus pada penguatan perawatan kesehatan di negara-negara miskin yang akan membantu untuk menahan wabah di masa depan seperti epidemi Ebola, badan tersebut telah menghabiskan jumlah yang tidak proporsional dari sumber dayanya untuk proyek-proyek dengan hasil terukur yang disukai Gates, seperti upaya memberantas polio.

Kekhawatiran tentang pengaruh miliarder pendiri Microsoft itu telah mengarah pada upaya untuk mengekangnya. Gates diketahui telah menggunakan seperempat dana WHO untuk memberantas polio. Namun ia tetap menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan, karena WHO tengah bersiap untuk memilih pemimpin organisasi.

"Semua kandidat harus bersekutu dengannya," kata Sophie Harman, profesor politik internasional di Queen Mary University of London. “Kamu tidak bisa mengabaikannya.”

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: