Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gak Sembarangan, Mudik ke Kota Ini Wajib Sertakan Hasil Tes Bebas Covid-19

Gak Sembarangan, Mudik ke Kota Ini Wajib Sertakan Hasil Tes Bebas Covid-19 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga, menerapkan aturan khusus untuk mencegah penularan COVID-19 saat libur panjang pada akhir Oktober 2020. Pemudik wajib membawa surat hasil swab atau rapid test dengan hasil negatif.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah mengatakan, kebijakan itu diterapkan untuk mencegah penularan dan menekan penambahan kasus COVID-19 di Salatiga.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ogah Kasih Garansi Vaksin Datang Corona Hilang

"Warga Salatiga berdomisili di luar daerah yang mudik pada libur panjang akhir Oktober nanti, harus membawa surat hasil swab atau rapid test dengan hasil negatif. Ini kami terapkan untuk mengantisipasi penularan COVID-19," kata Siti Zuraidah, Sabtu (24/10/2020).

Menurutnya, pemudik juga wajib melaporkan hasil surat keterangan negatif COVID-19 kepada petugas gugus tugas di tingkat rukun tetangga (RT). Pemkot Salatiga, juga akan melakukan pemantauan dan pendataan pemudik hingga tingkat RT. Ini untuk memudahkan petugas dalam melakukan tracing apabila muncul kasus baru.

Tak hanya itu, pada masa libur panjang nanti, Pemkot Salatiga juga akan melakukan pengawasan terhadap pelaku perjalanan.

"Pemantauan pelaku perjalanan akan dilakukan di Terminal Bus Tingkir Salatiga. Semua pemudik yang turun di Terminal Tingkir akan diperiksa kesehatanya dan surat hasil rapid atau swab dari daerah domisili," terangnya.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: