Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

NTB Bidik 17 Emas, Zohri Cs Jadi Andalan

NTB Bidik 17 Emas, Zohri Cs Jadi Andalan Kredit Foto: Republika
Warta Ekonomi -

Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan 17 medali emas di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 pada pada 2-15 Oktober 2021. Cabang olahraga (cabor) atletik menjadi andalan NTB dalam mendulang pundi-pundi medali emas.

‘’Target 17 emas itu diharapkan datang dari cabang olahraga atletik, tinju, muathai, tarung derajat, voli pasir, panjat tebing, karate dan kempo,’’ ujar Ketua Kontingen PON NTB, Mori Hanafi, dalam acara pelepasan kontingen di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Mataram.

NTB paling banyak mengirimkan atletnya di cabor atletik. Dan, mereka memiliki sprinter Lalu Muhammad Zohri yang sudah menorehkan prestasi di berbagai even internasional.

Pada PON Jawa Barat 2016, NTB pun sukses membawa pulang 14 medali dari cabor atletik. Mereka sukses meraih 5 emas, 3 perak dan 6 perunggu.

NTB hanya kalah dari DKI Jakarta dan tuan rumah Jawa Barat. Tim atletik DKI Jakarta saat itu keluar sebagai juara umum dengan meraih 15 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Sementara, posisi kedua ditempati tuan rumah Jawa Barat dengan 7 emas, 11 perak dan 6 perunggu. 

Meski mengandalkan cabor atletik, Mori berharap cabor lainnya bisa juga mempersembahkan medali bagi NTB. ‘’Kita mengharapkan cabang olahraga lainnya juga akan berjuang untuk turut memberikan medali untuk NTB," ujarnya.

Mori menyebutkan NTB mengirimkan 106 atlet terdiri dari 66 atlet putra dan 40 atlet putri. Mereka akan bertarung di 115 nomor pertandingan dari 19 cabang olahraga. 

Sebanyak 15 atlet akan bertarung di cabor atletik, cabor panjat tebing sebanyak sembilan atlet, tarung derajat enam atlet, futsal putra (14 atlet), biliar putra (1 atlet), tinju (9 atlet), dan voli pasir (8 atlet). Selanjutnya, tenis lapangan sebanyak delapan atlet, karate (2 atlet), selam laut (1 atlet), taekwondo putri (1 atlet). 

Cabor lainnya yakni menembak sebanyak 11 atlet, kempo (8 atlet), muaythai (1 atlet), gantole (1 atlet), renang (1 atlet), pencak silat (1 atlet), dan catur (6 atlet). Terakhir adalah balap motor yang menerjunkan tiga atlet.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel: