Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPPT Punya Inovasi Teknologi Baru, Bisa Selamatkan Ribuan Nyawa dalam 1 Menit!!

BPPT Punya Inovasi Teknologi Baru, Bisa Selamatkan Ribuan Nyawa dalam 1 Menit!! Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Surakarta -

Ada sejumlah inovasi dan teknologi baru ciptaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan mereka baru saja mengulasnya. Salah satu di antaranya berkaitan dengan kebencanaan.

Kepala BPPT, Hammam Riza menyampaikan, keberadaan Indonesia di wilayah cincin api membuat Tanah Air membutuhkan sistem peringatan dini demi mitigasi bencana alam.

"Peringatan dini bisa dipersingkat, dari munculnya gempa bumi sampai tsunami. Satu menit itu dapat menyelamatkan puluhan sampai ribuan nyawa," ujarnya di Jakarta.

Baca Juga: Waspada! Jabar Rawan Bencana

Selain itu, program Buoy Tsunami Early Warning System juga perlu dilanjutkan tahun depan. Ia pun mengaku akan menyusun program berbasis Buoy generasi baru yang bernilai hingga Rp5 miliar.

Hammam berujar, "Indonesia negara maju dalam mitigasi bencana, kita utamakan menurunkan peringatan dini, dari lima menit menjadi tiga menit mulai tahun depan."

Merujuk ke rencana, Buoy generasi keempat berjumlah 12 sampai 2020. Sementara, itu akan diletakkan di laut selatan Jawa. Saat ini baru tersedia empat alat, sedangkan delapan Buoy lainnya bakal diluncurkan dalam waktu dekat.

"Ditambah dengan empat cadangan, itu fungsinya untuk mengganti Buoy yang harus mendapat perawatan atau diisi ulang baterainya," jelas Hammam.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: