Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AS Tarik Pasukan, NATO Ramalkan Afghanistan Jadi Sarang Teroris

AS Tarik Pasukan, NATO Ramalkan Afghanistan Jadi Sarang Teroris Kredit Foto: Reuters/Yves Herman
Warta Ekonomi, Brussels -

Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO, Jens Stoltenberg memperingatkan, penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan kemungkinan akan mengubahnya menjadi "platform bagi teroris internasional."

"Afghanistan sekali lagi berisiko menjadi platform bagi teroris internasional untuk merencanakan dan mengatur serangan di tanah air kami," kata Stoltenberg dalam sebuah pernyataan yang datang setelah laporan awal Washington yang ingin memangkas jumlah pasukan AS yang masih dimilikinya di negara itu seperti dilansir dari Russia Today, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Sebelum Biden Dilantik, Trump Bakal Tarik Pulang Tentara AS di Afghanistan

Pentagon mengumumkan mereka akan melanjutkan perintah Presiden Donald Trump untuk mengurangi pasukan di Irak dan Afghanistan, meninggalkan 2.500 tentara di setiap negara pada 15 Januari mendatang. Sementara pemotongan itu akan membuat sekitar 500 tentara meninggalkan Irak, sekitar 2.000 tentara AS akan pulang dari Afghanistan.

Berita tersebut tidak diterima dengan baik oleh sekretaris jenderal NATO, yang dengan cepat mencatat bahwa Afghanistan bisa menjadi tempat pementasan baru untuk kebangkitan kembali kekhalifahan Negara Islam (IS, sebelumnya ISIS) setelah sebagian besar kelompok teroris itu dikalahkan di Suriah dan Irak.

Sementara mengakui bahwa pasukan NATO telah ditempatkan di Afghanistan selama hampir 20 tahun, Stoltenberg berpendapat bahwa harga untuk pergi terlalu cepat atau dengan cara yang tidak terkoordinasi bisa sangat tinggi.

"Kami pergi ke Afghanistan bersama," kata Stoltenberg, menambahkan bahwa pasukan sekutu harus pergi bersama dengan cara yang terkoordinasi dan teratur, tetapi hanya ketika waktunya tepat.

Dia menambahkan bahwa dia mengandalkan pada semua sekutu NATO untuk memenuhi komitmen ini. "Demi keamanan kita sendiri," ujarnya.

Stoltenberg mengisyaratkan bahwa NATO memiliki rencana untuk bertahan di Afghanistan hingga 2024, untuk melatih, memberi nasihat, dan membantu pasukan keamanan lokal.

Pentagon juga menolak upaya Trump untuk melepaskan AS dari "perang tanpa akhir" di Timur Tengah, yang mendorongnya untuk memecat sejumlah pejabat senior pekan lalu. Penjabat Menteri Pertahanan Christopher Miller mengisyaratkan rencana penarikan, dilaporkan oleh pers sebagai rumor, dengan mengatakan bahwa semua perang harus diakhiri.

Kontingen AS saat ini menyumbang kurang dari setengah dari 12.000 pasukan NATO yang kuat di Afghanistan. Tetapi aliansi tersebut masih sangat bergantung pada Amerika untuk transportasi, logistik, dan dukungan udara. Namun, apakah pasukan NATO benar-benar perlu bertahan, ada pertanyaan lain.

NATO mengambil alih operasi di Afghanistan pada tahun 2003, dua tahun setelah koalisi pimpinan AS menyerbu untuk menggulingkan Taliban sebagai respon atas serangan 11 September. Stoltenberg berpendapat bahwa Aliansi datang ke sana untuk memastikan bahwa itu tidak akan pernah menjadi tempat yang aman bagi teroris internasional.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: